Berita Dunia

Siapa yang Angkut Bangkai Kapal Perang dari Dasar Laut Jawa?

Siapa yang Angkut Bangkai Kapal Perang dari Dasar Laut Jawa?

Tiga kapal perang Belanda yang tenggelam saat perang tahun 1942 dilaporkan hilang dari dasar laut Jawa.

Menteri Pertahanan Belanda Jeanine Hennis melaporkan hal itu ke Parlemen hari Selasa (15 Nov).

Yang hilang adalah bangkai kapal perang HNLMS De Ruyter, HMLMS Java dan kapal perusak HMLMS Kortenaer.

Ketiga kapal terlihat masih utuh tahun 2002 di perairan Indonesia oleh sejumlah penyelam. Dan saat itu pemerintah Belanda langsung menetapkan wilayah itu sebagai kuburan perang.

Terakhir para penyelam berusaha mengabadikan bangkai kapal tersebut untuk keperluan persiapan peringatan ulang tahun ke 75 yang akan diselenggarakan tahun depan, kata Hennis. 

Para penyelam menemukan jejak lokasi kapal menggunakan foto bawah laut dan sonar.

Perang di laut jawa, yang melibatkan kapal-kapal Belanda, Inggris, Amerika dan Australia, terjadi 27 Februari, 1942 dan terbukti menjadi malapetaka bagi sekutu. Sekitar 2,200 orang tewas, termasuk 900 berkewarganegaraan Belanda dan 250 orang Indonesia asal Belanda.

Pemerintah Belanda memandang amat penting untuk mengetahui apa yang terjadi dengan kapal-kapal tersebut, karena memiliki nilai yang sangat bersejarah bagi negara bekas penjajah Indonesia tersebut. 

‘Perang di laut Jawa merupakan bagian dari kenangan bersejarah negara kita,’ jelas Hennis.

Surat kabar Singapura The New Straits Times tahun lalu melaporkan kasus penyelamatan illegal, dimana belasan penyelam ilegal menyaru sebagai nelayan, mempreteli kapal-kapal yang mereka anggap harta karun.

Wilayah Laut China Selatan dikenal sebagai kuburan bagi lebih dari 100 kapal perang dan kapal selam dari era Perang Dunia ke 2.

Bangkai kapal lainnya yang dianggap penting adalah HMS Prince of Wales dan HMS Repulse, dua kapal perang Inggris yang juga tenggelam setelah kalah bertempur dengan angkatan laut Jepang di tahun 1941. Kedua kapak juga diduga diambil oleh pihak yang tidak berhak.

Dua tahun lalu, pejabat militer Amerika juga mengatakan ada tanda-tanda bangkai kapal USS Houston, yang juga tenggelam dalam Perang di Laut Jawa, posisinya berubah dan artileri yang tidak meledak dibawa kabur.

Hilangnya bangkai kapal perang Belanda dan Inggris tersebut hingga kini masih menjadi misteri. Belum ada tanggapan dari pemerintah Indonesia atas kasus tersebut. (dsyamil) 

BACA JUGA

  1. Kedatangan Kapal Perang Rusia Destroyer 'Bystriy'
  2. Menko Maritim Jadikan Kapal Perang Jerman U-Boot sebagai Cagar Budaya

 

 

Tags Artikel ini
Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami