Siapa Duo Luis Bakal Pengganti Alfred Riedl?  Alfred Riedl (Foto: Merah Putih/Dery Ridwansah)

MerahPutih Lainnya - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah mencari sosok pelatih yang akan menangani tim nasional (timnas) Indonesia senior dan timnas U-23 untuk menggantikan Alfred Rield. Nama Luis Fernandez dan Luis Milla muncul sebagai sosok arsitek yang dibidik PSSI.

Luis Fernandez merupakan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Prancis. Karier sebagai pemain dimulai sebagai pemain Paris Saint-German. Sepanjang kariernya bersama Les Parisiens tercatat bermain sebanyak 225 kali dan mencetak 30 gol.

Di kursi pelatih, Luis Fernandez juga pernah menangani bekas timnya Paris Saint-German sebanyak dua kali yaitu di musim 1978-1986 dan 1994-1996. Selain itu, Luis Fernandez tercatat pernah menukangi dua klub Spanyol yaitu Athletic Bilbao dan Espanyol.

Selain Luis Fernandez, PSSI juga membidik Luis Milla. Luis Milla pernah berkostum Barcelona, Real Madrid, dan Valencia. Sebagai pelatih, Luis Milla pernah menangani Real Zaragoza. Luis Milla sukses mengantarkan timnas Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011.

Sebelum membawa Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa U-21, Luis Milla sudah membesut timnas Spanyol sejak 2008 dengan melatih timnas U-19. Ia dipecat oleh RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) pada 2012 lantaran gagal membawa timnas U-23 lolos dari fase penyisihan grup di Olimpiade 2012 London.

Jabatan terakhir Luis Milla adalah pelatih di Real Zaragoza yang bermain di Segunda Division musim 2016-2017, namun pada akhir Oktober 2016 ia diberhentikan karena rangkaian hasil buruk.

"Untuk timnas senior 2 calonnya adalah Luiz Fernandez dan Luis Milla. Untuk Luiz Fernandez usianya lebih tua dari Luiz Milla," ujar Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi pada Kongres Tahunan PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu (1/8).

Sedangkan untuk timnas U-19 kandidatnya adalah Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal. Sementara untuk timnas U-16 calonnya adalah Fakhri Husaini dan Rudi Eka Priyambada.

"Nanti akan dipilih dan ditimbang siapa yang paling pas untuk melatih timnas senior, U-23, U-19, dan U-16," tukasnya.

Untuk membaca berita lainnya terkait Kongres Tahunan PSSI silakan baca Kongres PSSI di Bandung Ukir Sejarah dan PSSI Pulihkan Status Persebaya Surabaya



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH