"Si Binatang Jalang" Chairil Anwar Bakal Difilmkan Chairil Anwar (wikipedia)

Kisah tentang khidupan penyair Chairil Anwar bakal difilmkan. Chairil Anwar adalah penyair terkemuka Indonesia yang diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi.

Chairil Anwar bersama-sama dengan Asrul Sani dan Rivai Apin dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan 45 sekaligus puisi modern Indonesia. Karyanya yang paling terkenal adalah "Aku". Dari puisi ini pula Chairil Anwar dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang". Karena salah satu bait syair dalam puisi tersebut menyebutkan bahwa "Aku ini binatanag jalan, dari kumpulan yang terbuang".

Chairil Anwar lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun. Chairil Anwar juga masih kerabat dengan Sutan Syahrir, perdana menteri Indonesia pertama. Ia juga keponakan jurnalis perempuan pertama di Indonesia, Rohana Kudus.

Rencana pembuatan film tentang kisah hidup Chairil Anwar ini digagas oleh Riri Reza. Riri Reza memang salah seorang sutradara yang sukses dalam penggarapan film-film biopik. Ia juga tergolong sukses mengangkat kisah hidup sosok inspiratif ke layar lebar seperti dalam film Laskar Pelangi pada tahun 2008 dan Sokola Rimba di 2013.

Berbagai penghargaan pun sudah ia raih. Pada Februari lalu, "Atrirah" salah satu karyanya memenangkan penghargaan Inalco Award di Festival International de Cinema Asia Vesoul-France, yang digelar di Prancis. Pada akhir 2016, "Athirah" juga menyabet enam Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia 2016.

Untuk mengikuti berita lainnya, baca juga: 5 Aktris Cantik Hollywood Ini Wajahnya Mirip Dengan Putri Dongeng



Widi Hatmoko

YOU MAY ALSO LIKE