eonline.com

Serial televisi Sesame Street (Jalan Sesama) telah merilis karakter boneka terbarunya bernama Julia yang digambarkan sebagai anak berumur empat tahun. Namun, berbeda dengan karakter lain, boneka yang memiliki rambut sebahu dan berwarna jingga ini adalah karakter anak autis.

Sebenarnya karakter ini sudah ada dalam buku cerita Sesame Street baik versi digital maupun cetak. Hingga akhirnya karakter Julia muncul pada bulan April ini. Karakter Julia di Sesame Street diharapkan bisa mengubah pandangan masyarakat terhadap orang autis.

"Julia nantinya akan menjadi wakil anak-anak penderita Autisme yang ada di dunia," jelas Jeanette Betancourt, Pengamat Sosial Amerika saat diwawancarai oleh HBO.

twitter @DisabletheFable
twitter @DisabletheFable

Sesame Street memang sering memunculkan karakter untuk mendidik anak-anak terhadap isu di sekitarnya. Sebelum Julia sudah ada tiga karakter Sesame Street yang memiliki permasalahan berbeda yakni Zari, Alex dan Kami.

Zari, boneka berwarna ungu ini dikeluarkan pada tahun 2016. Ia dibuat untuk merespon pemberdayaan perempuan di Afganistan. Sesame Street berharap dengan munculnya Zari membuat para anak-anak perempuan Afganistan tidak takut untuk sekolah setinggi mungkin.

Karakter kedua yakni Alex, seorang anak yang memiliki ayah narapidana. Karakter kedua ini dikeluarkan setelah data menunjukkan ada 2,7 juta anak Amerika yang memiliki ayah seorang tahanan.

Terakhir adalah Kami, seorang anak yang terjangkit HIV positif . Karakter berwarna kuning ini dikeluarkan untuk mengkampanyekan anti-stigma negatif terhadap anak-anak yang terjangkit HIV, terutama yang berada di Afrika Selatan dan Nigeria.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Setelah Nasi Padang, Kini Ada Komodo Ping-Pong


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE