Serunya Berpetualang di Gunung Masurai Jambi Gunung Masurai di Jambi (Foto: Instagram @suciaulia22)

MerahPutih WisataGunung Masurai adalah Gunung yang secara Administatif terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang dan secara peruntukan kawasan berada dalam kawasan Hutan Konservasi, yakni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Keistimewaaan Gunung Masurai ialah mempunya tiga puncak yaitu Puncak Satu, Puncak Utama dan Puncak Lancip. selain itu juga terdapat 2 danau yaitu Danau Kumbang dan Danau Maboek.

Gunung Masurai adalah Gunung yang secara Administatif terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang dan secara peruntukan kawasan berada dalam kawasan Hutan Konservasi, yakni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berada disebelah barat daya dari Kota Bangko dengan jarak sekitar 110 km.

Gunung Masurai memiliki dua buah danau vulkanik, yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabuk.

Pada sebalik gunung ini pula, memancarkan beberapa sumber mata air. Yang dikenal dengan mata air Batang Tembesi yang sumbernya terletak disisi utara Gunung Masurai, serta mengairi sumber-sumber penghidupan masyarakat desa yang bermukim dan bertempat tinggal di sekitar kaki Gunung ini, di antaranya adalah desa-desa di Kecamatan Sungai Tenang.

 

DANAU PAUH DI KAKI GUNUNG MASURAI JAMBI. Ayo Tag teman-teman yang ingin kamu ajak berpetualang. ? ______________________________________________ Location : Danau Pauh, Desa Pulau Tenga, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi - Indonesia. Photo credit to : @nanang_frd, 2015. Terimakasih Untuk foto kerennya ??? ______________________________________________ ???? Upload Foto Jepretanmu ?TAG Kami ? #DetailSumatera ?Lengkapi Lokasi Foto & Keterangan. ???? Follow Kami ???? Reposting ? ______________________________________________ Follow Juga IG @Detail.Jogja untuk Info wisata di Jogjakarta dan sekitarnya. . ???? PROFILE Kawasan Wisata Danau Pauh, Kabupaten Merangin adalah danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi. Pemandangan alam yang menarik dan mempesona dengan latar belakangi Panorama Gunung Masurai. Danau Pauh Terdapat di Kecamatan Jangkat ± 96 km dari Bangko dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Danau yang berada di 1.200m dpl. ini memiliki luas 30 hektar dengan kedalaman 20 meter. Mari Kita Bangkitkan Pariwisata di Sepanjang Pulau Sumatera. #DetailJambi #Jambi #Merangin #DanauPauh #ExploreIndonesia #GunungMasurai #Jalan2man #ExploreJambi #ExploreSumatra

A photo posted by SUMATERA IN DETAILS (@detail.sumatera) on

Batang Tembesi adalah salah satu sungai utama di antara sekian banyak sungai yang bermuara ke sungai utama yang ada di Provinsi Jambi dengan kata lain merupakan Sub DAS Batanghari. Selain itu, masih ada juga beberapa sumber mata air seperti yang terletak disisi selatannya. karena itu pula keberadaan sumber mata air yang bersumber dari gunung ini sangatlah dijaga keberadaan dan juga kelestariannya.

 

Gunung masurai jambi 28 mai - 1 juni 2015, @mapalaunand #gunungmasurai #adventureandalas #khemahterbengkalai

A photo posted by ivo nurdio putra (@ivonurdioputra) on

Untuk bisa sampai ke Gunung Masurai, Anda yang datang dari Jambi bisa langsung menuju Kota Bangko, menggunakan bus yang membutuhkan waktu sekitar 6 jam, lalu ganti mobil engkel di Pasar Atas Bangko.

Selanjutnya Anda bisa menuju Desa Sungai Lalang Kecamatan Lembah Masurai, desa terdekat dari jalur pendakian Gunung Masurai, karena Gunung Masurai mempunyai satu jalur resmi yaitu yang terdapat di desa ini. Menuju Sungai Lalang membutuhkan waktu 6 jam jika tidak turun hujan dikarenakan jalan masih ada yang belum di aspal dan berbatu.

BACA JUGA:

  1. Nikmati Suasana Puncak di Agrowisata Gunung Mas
  2. Pulau Labengki, Surga dari Sulawesi Tenggara
  3. Pesona Keindahan Pulau Randayan Kalimantan Barat
  4. Pulau Sempu, Wisata yang Wajib Dikunjungi di Malang
  5. Wisata Bahari Indonesia Tunjukkan Peningkatan yang Signifikan


Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE