Entertainment Kuliner

Sensasi Menikmati Molecular di Rockstar Mixology Art Concept

Sensasi Menikmati Molecular di Rockstar Mixology Art Concept

Mungkin bagi warga Cirebon, nama molecular masih asing. Molecular ialah teknik memasak dengan memperhatikan perubahan fisiokimiawi terhadap bahan pangan ketika dimasak dan sifat sensorinya. Teknik tersebut mampu mengolah makanan dan minuman menjadi lebih menarik, artistik dan mengoda.

Ketika ilmu sains dipakai dalam mengolah bahan pangan, hasilnya tentu saja sebuah hidangan yang unik dan tidak bisa diperoleh dengan teknik masak pada umumnya. Rockstar Mixology Art Concept yang berada di Kesambi, Kota Cirebon, menjadi satu-satunya tempat yang menyediakan molecular di Cirebon.

Misalnya, Molecular Berry Macaron. Ekstrak buah strowberi dibuat menjadi berbentuk bulat menggunakan teknik tertentu. Sekilas, makanan tersebut seolah seperti jeli yang kenyal.

Namun, saat masuk ke mulut makanan tersebut justru langsung lumer. Jauh meninggalkan kesan kenyal yang muncul dari penampilannya. Seporsi Molecular Berry Macaron hanya dibanderol Rp25 ribu.

"Pengunjung akan merasakan sensasi yang berbeda saat menikmati molecular. Rasanya yang khas dan lumer dimulut. Kami menawarkan menikmati minuman dengan cara baru," ujar Manager Rockstar Mixology Art Concept Hari.

Menurutnya, jenis minuman apapun bisa diolah menjadi molecular. Bahkan, pengunjung pun bisa memesan jenis minuman apa yang ingin disajikan dalam bentuk molecular. Perpaduan sains dan food yang sempurna membuat molecular memiliki citarasa yang tinggi.

Menu di Rockstar Mixology Art Concept. (MP/Mauritz)
Menu di Rockstar Mixology Art Concept. (MP/Mauritz)

Ia pun berbagi tips cara terbaik menikmati molecular. Menurutnya, saat terbaik menikmati molecular adalah sesaat setelah disajikan. Sebab, musuh terbesar molecular ialah angin. Sehingga, semakin lama didiamkan molecular menjadi semakin mengeras.

"Jadi harus segera disantap, tidak bisa didiamkan atau ditinggal mengobrol. Saat terbaik menikmati molecular itu setelah disajikan. Sehingga pas masuk ke mulut itu langsung lumer," katanya.

Selain disajikan secara polos, molecular pun dapat dicampurkan ke dalam minuman biasa sebagai topping. Molecular yang dicampur ke dalam minuman lebih bisa bertahan lama lantaran tidak terlalu terkena hembusan angin. Sehingga masih bisa dinikmati setelah minuman tersebut habis.

"Diharapkan, kehadiran Rockstar Mixology Art Concept ini menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak tempat nongkrong di Cirebon dan menu molecular juga bisa diterima masayarkat luas, khususnya Kota Cirebon," pungkasnya. (Mauritz)

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami