Selamat Hari Puisi Sedunia Selamat Hari Puisi Sedunia (MP/Arie P)

Hari ini, Selasa 21 Maret 2017, warga dunia sedang memperingati Hari Puisi Sedunia. Hari Puisi Sedunia atau World Poetry Day berawal pada saat penyelengaraan pertemuan UNESCO ke 30 di Paris, Perancis yang berlangsung pada bulan Oktober-November 1999 silam.

Peringatan Hari Puisi Dunia pertama kali dirayakan pada tahun 2000. Lalu kenapa dipilihnya tanggal 21 Maret, karena disaat bersamaan itu juga dirayakan sebagai Hari Penghapusan Diskriminasi Ras yang dianggap sebagai ide yang sangat baik.

Tercetusnya Hari Puisi Sedunia ini juga melalui banyak pertimbangan UNESCO yang mengungkapkan bahwa kebutuhan estetika merupakan kebutuhan manusia dan puisi dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Bahkan tak hanya itu saja, UNESCO juga melihat bahwa dalam 20 tahun terakhir ini, ketertarikan pada puisi semakin meningkat dengan banyak kegiatan yang melibatkan puisi di negara-negara anggota serta bertambahnya jumlah penyair.

Sementara itu, di setiap tahunnya, Direktur Jenderal UNESCO hampir selalu menyampaikan serangkaian pesan saat memperingati Hari Puisi Sedunia.

Untuk mengikuti artikel terkait dunia puisi, baca juga: 5 Selebritis Cantik Indonesia yang "Kepincut" Dengan Dunia Sastra



Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE