Selamat Hari Dongeng Sedunia (Instagram/sihebring)

Hari ini, Senin 20 Maret 2017, menjadi peringatan Hari Dongeng Sedunia. Peringatan Hari Dongeng Sedunia dimulai pada tahun 1991-1992 oleh para pendongeng di Swedia dengan nama All Storytellers Day. Kemudian pada tahun 1997 diadakan Celebration of Story selama lima minggu untuk memperingati tanggal 20 Maret sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa dan penuh dengan khayalan atau fiksi, yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng adalah bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang hingga saat ini.

Namun, di zaman yang serba digital dan modern seperti sekarang ini budaya mendongeng semakin memudar. Kebanyakan anak-anak sudah jarang sekali mau mendengarkan cerita dongeng. Mereka justru lebih tertarik untuk bermain game dengan gedget-nya daripada menyimak cerita dongeng dari guru atau orangtuanya.

Padahal mendongeng juga bisa menjadi pengaruh besar untuk menentukan sikap anak setelah dewasa nanti. Selain itu, Dongeng juga bisa berpengaruh pada peningkatan kecerdasan moral anak-anak.

Peringatan Hari Dongeng Sedunia juga disambut antusias oleh netizen di Twitter. Banyak netizen yang mengungkapkan harapan-harapan mereka di Hari Dongeng Sedunia seperti berikut ini.

"Ingat Dulu Saat Masih Kecil, Ibu Sering Membacakan Dongeng. Selamat Hari Dongeng Sedunia, Happy World Storytelling Day," tulis akun Twitter @mantonlausma.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH