Selain Tarian dan Musik, MPA 2017 Pamerkan Koleksi Topeng Nusantara Perangkat gamelan persiapan MPA 2017 (MP/Win)

Sejumlah karawitan gamelan milik Mangkunegaran mulai diletakan di kawasan Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, Jumat (17/3).
Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan Mangkunegaran Performing Art (MPA) 2017 yang akan berlangsung pada Sabtu 18 hingga Minggu 19 Maret 2017 besok.

Pantauan merahputih.com, alat karawitan tersebut lengkap, seperti gong, kendang, dan lainnya. Pada MPA 2017 nanti, karawitan gamelan ini akan mengiringi semua jenis tarian yang ditampilkan.

Plt Pengageng Mondropuro Supriyanto Waluyo menerangkan, adap tiga gamelan karawitan, yakni Kyai Segara Windu, Kyai Baswara, dan Kyai Pamedarsih. “Jadi gamelan tersebut, bakal mengiri sajian tarian yang dibawakan,” katanya.

Tidak hanya itu saja, menurut Kepala Departemen Kesenian Mangkunegaran Bambang Suryono, dalam MPA 2017 juga bakal menampilkan ratusan koleksi topeng yang ada di Mangkunegaran. Hampir semua topeng dari berbagai daerah di nusantara ada, seperti Cirebon, Sumenep, dan lainnya.

“Koleksi topeng di Mangkunegaran, jumlahnya ada sekitar 800-an. Namun, kami hanya menampilkan beberapa saja, karena memang keadaan sudah cukup tua,” papar.

Artikel ini berdasarkan liputan Win, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah Solo dan sekitarnya. Untuk mengikuti berita terkait, baca juga: Upacara "Tetesan" Bakal Digelar Di Mangkunegaran Performing Art 2017



Widi Hatmoko

YOU MAY ALSO LIKE