Segarnya Rujak Banci Warung Lotek Macan yang Nge-hits di Bandung Rujak Banci (MP/Rina Garmina)

Asinan sayur dan mangga dengan sedikit kuah, lalu disajikan dengan dikucuri bumbu rujak buah menjadikan rujak ini dinamai Rujak Banci.

Rasanya manis, asam, dan sedikit pedas. Bila suka pedas, Sahabat Merahputih bisa menambahkan sambal cabai pada rujak banci ini. Pisang batu pada rujak banci ini dapat dilihat dengan jelas dan terasa butirannya saat dinikmati.

Asinan sayur yang digunakan untuk campuran Rujak Banci adalah kol dan tauge. Kol dan tauge di sini sudah dilayukan, sehingga teksturnya tidak keras. Sementara, buah-buahan yang digunakan adalah bengkuang, nanas, dan asinan mangga. Asinan mangga ini memiliki cita rasa yang sedikit asin sehingga berbeda dengan kebanyakan asinan mangga yang dijual di pasaran.

Rujak Banci Warung Lotek Macan (MP/Rina Garmina)

Layaknya asinan sayur, kol pada rujak banci diiris-iris terlebih dahulu sebelum diolah. Kemudian, buah-buahan untuk rujak buah dipotong dengan ukuran besar seperti buah-buahan pada rujak.

Satu piring rujak banci dibanderol Rp 14 ribu. Jika datang saat makan siang, Sahabat Merah mesti bersiap-siap tidak kebagian tempat duduk lantaran Warung Lotek Macam ini selalu penuh di jam makan siang. Lokasi: tempat jualan Rujak Banci Warung Lotek di Jalan Macan Nomor 1, Bandung. Jam buka: 10.00 – 16.30 WIB.

Artikel ini berdasarkan liputan Rina Garmina, reporter merahputih.com yang bertugas di wilayah Bandung dan sekitarnya. Untuk mengetahui artikel lain tentang kuliner Bandung, baca juga: Yuk Icip-icip Ramen Sunda di Ujank Ramen Bandung



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH