Sambut Lebaran, Tiga Bandara di Jateng Tambah Jam Operasional 3 Jam Sejumlah calon penumpang memadati terminal keberangkatan Bandara Adisucipto, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (14/4). (ANTARA/Hendra Nurdiyansyah)

Bandara Yogyakarta, Solo, dan Semarang akan menambah jam operasional selama tiga jam. Penambahan jam operasional serta slot tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan angkutan Lebaran di Jakarta.

"Saya lihat tadi Yogyakarta mempunyai tambahan 54 'slot' karena penambahan jam operasional bandara yaitu satu jam 'slot' pagi hari yang tadinya pukul 06.00 menjadi pukul 05.00 dan tiga jam slot malam hari dari pukul 21.00 sampai pukul 24.00," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya Selasa (18/4).

"Kita tahu Jawa Tengah terutama Yogyakarta, Solo, dan Semarang merupakan daerah tujuan utama untuk mudik. Saya coba mengkaji Yogyakarta sebagai titik mudik saudara kita dari Jakarta, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Kalau ada pergerakan-pergerakan dari Sumatera, Kalimantan yang selama ini harus ke Jakarta dahulu, bisa langsung diarahkan ke sini (Yogyakarta) jadi Jakarta tidak penuh," ujarnya.

Menurut dia, dengan memanfaatkan penambahan slot akan memaksimalkan jumlah penumpang pada moda transportasi udara untuk lebaran tahun 2017.

"Perhitungannya kita bisa menampung 6.000 sampai dengan 9.000 orang. Ini membantu manajemen mudik kita. Jadi kalo Jakarta penuh, mungkin yang dari Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palembang bisa langsung, tidak usah lewat Jakarta," ucapnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Budi meminta Dirjen Perhubungan Udara serta Angkasa Pura 1 untuk mendiskusikan terkait pemanfaatan slot oleh maskapai dalam menunjang arus angkutan Lebaran 2017.

Sumber: ANTARA



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE