Berita Indonesia

Sakit Lagi, Habib Rizieq Mangkir Panggilan Polisi

Sakit Lagi, Habib Rizieq Mangkir Panggilan Polisi

MerahPutih Indonesia- Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab tidak memenuhi panggilan polisi atas kasus penghinaan terhadap lambang dan dasar negara.

Sebelumnya, Habib Rizieq dilaporkan Putri Bung Karno Sukmawati Soekarnoputri dengan tuduhan melakukan penodaan terhadap Pancasila dan mendiang ayahnya.

Dalam laporannya, Sukmawati menyoroti ceramah Habib Rizieq yang diunggah ke Youtube. Pimpinan FPI itu menyatakan 'Pancasila Sukarno Ketuhanan ada di pantat sedangkan Pancasila piagam jakarta ketuhanan ada di kepala'.

Seiring perjalanan kasus, perkara Habib Rizieq dilimpahkan Bareskrim Mabes Polri ke Polda Jawa Barat. Pemanggilan terhadap terlapor telah dilayangkan, 5 Januari 2017 terlapor dipanggil namun tidak hadir dengan alasan sakit.

Aksi Habib Rizieq pun mendapat reaksi dari pimpinan Partai Nasionalis Indonesia (PNI) Marhaenisme Ibnu Prakoso, ia mendesak Habib Rizieq untuk segera memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Reskrimum Polda Jabar.

"Kalau berani dan mudah melecehkan ya harus berani menghadapi hukum. Untuk itu kami sangat mengharap proses hukum ini dituntaskan segera," tegas Ibnu, beberapa waktu lalu.

Ibnu menyayangkan sikap Rizieq yang terkesan menghindari panggilan dengan berbagai alasan.

Di kesempatan yang berbeda, pernyataan tegas dilontarkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait mangkirnya Imam FPI itu. Tito menegaskan akan menjemput paksa Rizieq jika tidak mau memenuhi panggilan polisi.

"Yang bersangkutan sedang diproses hukum di Jawa Barat. Dipanggil tanggal 5 Januari kemarin, tapi tidak hadir dengan alasan sakit. Dipanggil kembali tanggal 12 Januari 2017, kalau hadir akan dilakukan pemeriksaan. Kalau tidak hadir, akan dilakukan sesuai hukum KUHAP, yaitu surat perintah membawa atau dijemput paksa," terang Kapolri.

Sebelumnya sudah ada desakan kepada polisi untuk segera tindak Habib Rizieq sebagaimana diulas dalam berita ini: Praktisi Hukum Desak Polisi Tindak Habib Rizieq

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami