Rutin Mengonsumsi Ikan Kakap Bisa Mencerdaskan Otak

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Minggu, 21 Mei 2017
Rutin Mengonsumsi Ikan Kakap Bisa Mencerdaskan Otak
Ilustrasi Ikan Kakap (Foto: Pixabay)

Ikan menjadi salah satu menu makanan wajib yang dikonsumsi oleh setiap orang. Karena seperti yang kita tahu, ikan memiliki banyak kandungan gizi, nutrisi dan protein yang dibutuhkan tubuh serta baik untuk kesehatan. Beberapa jenis ikan memiliki kandungan Omega 3 tinggi yang baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak.

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan Omega 3 tinggi ialah ikan Kakap. Ikan kakap sendiri merupakan jenis ikan yang hidup di air payau dan ada dua jenis ikan kakap yang biasa kita konsumsi yakni ikan kakap merah dan kakap putih.

Selain Omega 3, terdapat beberapa kandungan lain seperti selenium, vitamin A yang juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda seperti berikut ini.

1. Selenium

Kandungan selenium pada ikan kakap dapat mendukung fungsi sel-sel darah putih yang diperlukan dalam tubuh agar kelenjar tiroid dapat berfungsi dengan baik.

Selenium sendiri merupakan salah satu zat antioksidan yang berperan untuk menangkal senyawa radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung.

2. Vitamin A

Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat penting dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, memelihara tulang, menjaga kesehatan kulit dan kesehatan mata Anda. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi. Jika Anda rutin mengonsumsi ikan kakap setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko gangguan mata seperti katarak.

3. Omega 3

American Heart Association (AHA) mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah dan kolesterol yang tinggi.

Selain itu, AHA juga menyarankan bahwa untuk orang dewasa dan wanita yang tidak hamil harus mengonsumsi 3,5 ons ikan bakar minimal dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk wanita hamil dan anak-anak harus menghindari makan ikan kakap merah lebih dari beberapa kali dalam sebulan untuk mencegah tubuh terkontaminasi oleh merkuri yang terdapat di pada ikan kakap merah.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh saat rutin mengonsumsi ikan kakap. Jadi mulai sekarang, mulailah membiasakan diri untuk rutin mengonsumsi ikan kakap demi menjaga kesehatan tubuh Anda. Masih ingat kata Menteri Susi "Siapa yang tidakmakan ikan, saya tenggelamkan!,".

Lihat juga tips kecantikan dan informasi kesehatan lainnya di sini: Wajah Berseri Dengan Masker Pepaya

#Tips #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan