Rute Menuju Kedung Pengilon Minim Petunjuk

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 04 Februari 2017
Rute Menuju Kedung Pengilon Minim Petunjuk
Kedung Pengilon, Bantul, DI Yogyakarta. (Foto MerahPutih/Fredy)

Kedung Pengilon, Dusun Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, termasuk destinasi wisata alternatif. Tempat wisata ini belum banyak diperbincangkan publik sehingga terbilang minim pengunjung.

Selain itu, ternyata tempat ini memang minim papan petunjuk. Tidak seperti obyek wisata lain di Yogyakarta.

Untuk ke Kedung Pengilon, pengunjung yang berasal dari arah Kota Yogyakarta menuju Jalan Bantul. Sesampainya di kawasan Pabrik Gula Madukismo, Bantul, perjalanan dilanjutkan ke arah barat hingga tiba simpang empat besar dengan arah ke kiri menuju Kasongan. Selanjutnya ambil jalur ke arah Desa Krebet. Di persimpangan selanjutnya, ambil arah kanan menuju Desa Bangunjiwo.

Di Desa Bangunjiwo, pengunjung bisa bertanya ke warga sekitar keberadaan Dusun Petung. Patokannya, pengunjung akan menemui Tugu Dusun Petung. Sejak di Desa Bangunjiwo inilah pengunjung akan merasakan minimnya papan petunjuk. Bahkan, di dusun pun tidak ada petunjuk arah ke mana jalur menuju Kedung Pengilon.

Dari perumahan warga di dusun, pengunjung harus berjalan lagi sejauh 300 meter. Agar tidak tersesat, pengunjung harus bertanya ke warga sekitar. Jalannya pun masih jalan setapak kampung. Begitu memasuki kawasan Kedung Pengilon, barulah pengunjung mendapati papan selamat datang di Kedung Pengilon. Selain itu, juga terdapat papan peringatan yang sudah usang. Papan tersebut berisi peringatan agar berhati-hati saat berenang, khususnya bagi pengunjung yang tidak mahir berenang.

Pardal, 47, Ketua Kelompok Sadar Wisata Kedung Pengilon, mengakui minimnya papan petunjuk ke lokasi. Dia menjelaskan, pengelolaan Kedung Pengilon sebagai objek wisata masih minim bantuan.

"Papan petunjuknya memang pada rusak. Belum diperbaiki. Masih minim bantuan. Saat ini baru ada bantuan untuk perbaikan jalan dulu," paparnya saat ditemui Jumat (3/1) kemarin.

Wah, sayang sekali kalau obyek wisata potensial Kedung Pengilon tidak dikelola dengan baik. Mulailah dari membuat petunjuk jalan menuju lokasi agar semakin banyak pengunjung.

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Fredy Wansyah, reporter serta kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca artikel sebelumnya Kedung Pengilon, Wisata Alternatif Asyik di Bantul

#Yogyakarta #Desa Wisata #Kedung Pengilon
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan