Rusia Bangun Pusat Penelitian Nuklir di Kalimantan Utara

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 11 Mei 2017
Rusia Bangun Pusat Penelitian Nuklir di Kalimantan Utara
Produksi Radioisotop dan Radiofarmaka di ruang Hotcell milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Puspiptek Serpong. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Perusahaan pembangkit nuklir asal Rusia, Rosatom, siap membangun Pusat Sains, Teknologi dan Industri Nuklir di Kawasan Industri Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Dalam pertemuan dengan Rosatom dan Pemprov Kaltim di Jakarta, Rabu (10/5), Rosatom menyatakan kesiapannya membangun pusat penelitian nuklir itu di KIB," kata Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ ketika dihubungi di Penajam, Kamis (11/5).

Menurutnya, pertemuan tersebut merupakan permintaan Rosatom dan sudah beberapa kali diadakan untuk pemantapan rencana pembangunan pusat penelitian nuklir yang diberi nama The Buluminung Nuclear Industry-Science Techno Park (BNI-STP) itu.

Lokasi pembangunan BNI-STP sudah ditetapkan di Kawasan Industri Buluminung atau KIB Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Pembangunan BNI-STP itu dirancang Pemprov Kaltim bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional atau Batan," jelas Mustaqim.

Pada sekitar Februari 2017, Batan telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Penajam Paser Utara untuk persiapan pembangunan BNI-STP.

"Tim teknik dari Batan sudah melakukan uji lokasi pembangunan pusat penelitian nuklir itu di KIB. Selain itu, juga sudah dilakukan survei untuk menyusun perencanaan studi kelayakan proyek pembangunan pusat penelitian nuklit tersebut," tambahnya.

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan lahan seluas 20 hektar untuk pembangunan BNI-STP itu.

Wabup menyatakan keberadaan BNI-STP di Kabupaten Penajam Paser Utara akan banyak mendapat keuntungan, salah satunya terbukanya lapangan pekerjaan.

"Kami yakin ke depan Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi kawasan industri besar, memang saat ini terkendala keuangan tapi tetap berusaha untuk kemajuan kabupaten," tambah Mustaqim.

Sumber: ANTARA

#Kalimantan #Rusia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan