Rumah Pahlawan Revolusi Jadi Latar Video OST 'Kartini' Kadet, Manajer Promosi dan A&R Aquarius Musikindo, hadir dalam acara Merahputih.com "Nonton Bareng Film Kartini" pada Sabtu (8/4). (MP/Dery Ridwansah)

"Kesuksesan sebuah film ditunjang pula oleh soundtrack-nya. Begitu juga sebaliknya," ujar Kadet, Manajer Promosi dan A&R Aquarius Musikindo, saat ditemui dalam acara nonton bareng film Kartini, Sabtu (8/4). Beliau pun bercerita mengenai proses di balik pembuatan lagu dan video klip "Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?" yang diciptakan oleh Melly Goeslaw, salah satu artis di bawah label Aquarius Musikindo.

Berbeda dari lagu-lagu lainnya yang dapat Melly ciptakan dengan cepat, original soundtrack (OST) film "Kartini" ini memakan waktu pembuatan yang cukup lama. Penggodokan ide dimulai sejak tahun lalu hingga kemudian lagu direkam pada Senin (27/2) dan dirilis Jumat (10/3).

"Prosesnya beda dari biasanya, karena ini bukan lagu untuk film bertemakan cinta, yang sudah sering Melly buat. Tingkat kesulitannya banyak, seperti menciptakan lagu kebangsaan, dalam arti si pencipta tidak boleh egois dan sesuka hati bercerita melalui lagu ini. Makanya, kalau diperhatikan, ciri khas Melly tidak terlihat di sini. Beda dari soundtrack lain yang mudah terbaca kalau itu karyanya Melly," jelas Kadet.

Di sisi lain, syuting video klip "Memang Kenapa Bila Aku Perempuan" ini memakan waktu satu hari saja, yaitu pada Selasa (14/3), kemudian dirilis bertepatan dengan peluncuran film "Kartini" pada Rabu (5/4) lalu. Latar video klip ini mengambil tempat di rumah bernilai historis daerah Ciapus, Bogor.

Kadet bercerita, "Ini adalah lokasi keempat yang kita pilih, setelah sebelumnya kita ke Jagakarsa, Lebak Bulus, dan Bintaro. Kriterianya adalah rumah Jawa kuno, yang ada unsur-unsur Belandanya. Pas kita sampai ke sana, ternyata itu rumahnya Pahlawan Revolusi Indonesia, Pierre Tendean, dan sampai sekarang masih ditempati oleh adik dari Pierre. Memang nuansa Jawa-Belandanya kental sekali di rumah ini, dari desainnya, tata ruangnya, sampai kepada elemen-elemen di dalam rumah itu sendiri. Jadi, nilai historis itu bukan kriteria awal yang kita cari, tapi kebetulan saja kita dapat ini, dan dari segi syarat maupun ketentuan lainnya, rumah ini cocok."

Ia berharap lagu ini tidak lekang oleh waktu dan dapat diputar di setiap Hari Kartini. Nantinya, pihak Aquarius Musikindo akan membuat album kompilasi berisi 10 lagu, salah satunya lagu ini. "Rencananya kita mau bikin album yang dikemas bersama artis-artis Aquarius lain, dengan tema lebih kepada menunjukkan kekuatan perempuan—tapi bukan album soundtrack film 'Kartini'. Penyanyi-penyanyinya yang akan kita pilih tentu perempuan, seperti Agnes Monica, BCL, dan Titi DJ," tutup Kadet.

Artikel lain mengenai OST 'Kartini' dapat Anda baca di Gita Gutawa Memaknai 'Memang Kenapa Bila Aku Perempuan'.



Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE