Rubiaceae, Kopi di Tangan Perempuan Suasana lantai satu coffee shop Rubiaceae (Foto MP/Irene Gianov)

Kopi sudah bukan komoditas asing bagi masyarakat modern, bisa dilihat dari 'menjamurnya' kedai kopi di daerah ibukota dan kota-kota sekitarnya. Tak jarang, dunia kopi diidentikkan dengan laki-laki, mulai dari barista sampai pemilik coffee shop-nya. Tapi, kenalkan Rubiaceae, sebuah coffee shop di Radio Dalam, Jakarta Selatan yang semua anggota timnya perempuan.

"Pas masih jadi barista, aku lihat banyak perempuan mau coba jadi barista. Tapi takut karena persepsinya cowok banget. Ketika masuk ke industrinya, ternyata kita bisa. Capeknya paling angkat galon, masih bisa diatasi kok. Saya pengin mendorong para perempuan terjun di industri kopi; pengin bisnis ini ada perkembangan secara sosial dan menampilkan lebih banyak female barista," ujar Fanny Winardi, pemilik Rubiaceae.

Salah seorang barista Rubi sedang membuatkan kopi filter (Foto MP/ Irene Gianov)

Rubiaceae (baca: Rubiesi) yang lebih dikenal dengan panggilan 'Rubi' ini mengusung konsep artisan coffee. Maksudnya, semua kopinya dibuat dengan passion dan seni, baik seni latte (latte art), seni espresso, dan lainnya. Ia juga menggunakan kopi dengan kualitas yang lebih tinggi, yaitu biji kopi Arabica dengan skor delapan ke atas.

Di balik logonya, Fanny menjelaskan sebuah filosofi yang dikandungnya. Logo tersebut ternyata berbentuk kaca pembesar, atau gelas kopi jika dilihat dari atas. Maksudnya, Rubi melihat dengan detail kopi-kopi yang disuguhkannya.

"Kopinya enak, suasananya asik—maksudnya tenang. Kita enggak suka yang terlalu ramai. Pertama kali lihatnya (Rubi -red) dari internet, jadi mau coba aja, ternyata kopinya enak," ujar Wijaya Saputra, pemain basket sekaligus kekasih dari Agnez Mo, yang ditemui Merahputih.com di Rubi.

Rubi menyajikan berbagai minuman olahan kopi maupun non-coffee sebagai alternatif pilihan, dengan harga Rp28-60 ribu. Rubi juga menyajikan berbagai pastries, cookies, dan sandwich, dengan harga berkisar Rp30-38 ribu. Yuk, mampir ke Rubi!

Baca juga artikel tentang kopi lainnya di 'Specialty Coffee' Bukan Sekadar Kopi Hitam Biasa.



Irene Gianov

YOU MAY ALSO LIKE