Ribuan Warga Meriahkan Pesta Parak Iwak Banjarnegara

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 30 Agustus 2015
Ribuan Warga Meriahkan Pesta Parak Iwak Banjarnegara
Ribuan warga berlomba menangkap ikan menggunakan tangan pada acara Parak Iwak di Sungai Serayu Desa Singamerta, Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, Minggu (30/8). (Foto Antara/Idhad Zakaria)

MerahPutih, Nasional-Ribuan warga tumpah ruah memenuhi Sungai Serayu di Desa Singamerta Banjarnegara Jawa Tengah, Minggu (30/8). Acara yang diberi nama Parak Iwak ini menutup rangkaian gelaran Festival Serayu dan Kongres Sungai Indonesia (KSI) I 2015 yang berlangsung 26-30 Agustus 2015.

Gelaran Parak Iwak diikuti ribuan warga yang menyaksikan acara dari pinggir maupun menangkap ikan bersama-sama di aliran Sungai Serayu. Keseruan terlihat saat warga berebut menangkap 13 ribu ekor ikan nila seberat 2,7 ton yang sudah disebar sebelumnya. Warga yang tidak sabar langsung terjun ke sungai untuk menangkap ikan dengan tangan. 

Sementara KSI I 2015 melahirkan Maklumat Serayu, yang intinya mengajak warga turut terlibat dalam revolusi pengelolaan dan kawasan daerah aliran sungai. Maklumat Serayu lahir dari keprihatinan terhadap kondisi sungai-sungai di Indonesia. 

Seperti, pencemaran sungai, banjir dan kekeringan, hilangnya keanekaragaman hayati sungai, hilangnya sumber penghidupan, rasa hormat terhadap sungai hilang, dan pendangkalan, penyempitan, dan sempadan rusak serta daerah aliran sungai (DAS) rusak. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan persoalan mendasar yang terjadi pada sungai-sungai di Indonesia. 

"Kita sadar bahwa kesejahteraan alam tergantung kesejahteraan manusia dan kesejahteraan manusia tergantung kesejahteraan alam," katanya saat membacakan pidato kebudayaan di Dermaga Arung Jeram Sungai Serayu, Desa Singomerto, Kabupaten Banjarnegara.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengungkapkan keprihatinannya terhadap perubahan yang terjadi.  

"Tebing sungai yang dulu dibentengi jutaan dapur-dapur bambu hutan, sekarang malah menjadi kawasan pemukiman," katanya menambahkan. Gubernur mengajak warga masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian Sungai Serayu.  

Sungai Serayu sepanjang 180 kilometer (km) melintasi lima kabupaten yakni Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara,Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, hingga bermuara di Samudra Hindia di wilayah Kabupaten Cilacap. Sungai Serayu memiliki banyak anak sungai, total DAS Serayu mencapai luas 4.375 km persegi. 

Selain Gubernur, acara ini dihadiri Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, serta bupati dan wakil bupati Banjarnegara yang turut menyaksikan jalannya acara. (Luh)

Baca Juga:  

Sebanyak 8 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia

Pose Sofyan Djalil di Bantaran Ciliwung Diapresiasi

Greenpeace Indonesia Kritik Jokowi Terkait Peresmian PLTU Batang

 

 

 

 

 

#Ganjar Pranowo #Banjarnegara #Sungai Serayu #Maklumat Serayu #Festival Serayu
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan