Ribuan Perempuan di Biak Ikuti Lomba Hari Kartini Ilustrasi lomba jelang Hari Kartini (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Menjelang Hari Kartini 21 April mendatang, para perempuan di Biak Numfor, Papua tampak sibuk. Kaum perempuan dari pelbagai organisasi mempersiapkan diri untuk mengikuti sejumlah perlombaan.

Sebagaimana dilansir Antara, Sabtu (8/4) sekitar seribuan perempuan di Kabupaten Biak Numfor, Papua dari berbagai organisasi wanita dan tim penggerak PKK mengikuti berbagai lomba menyonsong perayaan hari Kartini 21 April 2017, Sabtu.

Upacara kegiatan pembukaan perayaan hari Kartini di Kabupaten Biak Numfor ke-138 dibuka Asisten II Sekretaris Daerah Mahasunu serta pelepasan jalan sehat bersama dilakukan Ketua Tim Pengggerak PKK Susan Ondy.

Asisten II Sekda Mahasunu mengatakan, sosok pejuang RA Kartini menjadi inspirasi kaum perempuan Indonesia dalam menuntut persamaan hak dengan pria.

Dia mengatakan, di zaman modern saat ini diharapkan peran perempuan Indonesia makin nyata dalam kehidupan berbangsa bermasyarakat dan bernegara dengan menekuni pekerjaan yang sama dengan kaum pria.

"Dengan perayaan hari Kartini 21 April kita mendapatkan kisah perjuangan pahlawan perempuan Indonesia yang bercita-cita mengangkat harkat dan martabat perempuan sejajar dengan pria," katanya.

Kepada berbagai organisasi perempuan di Kabupaten Biak Numfor, menurut Mahasunu, diharapkan dapat menteladani perjuangan pahlawan nasonal RA Kartini yang dikenal gigih dan tangguh memperjuangkan persamaan hak antara pria dan perempuan.

Kegiatan menyonsong hari Kartini di Biak diselenggarakan berbagai lomba diantaranya, tarik tambang perempuan, lomba baca puisi RA Kartini, lomba kebaya, yosim pancar antar organisasi wanita dan organisasi perangkat daerah, lomba kebaya serta peringatan hari puncak RA Kartini 21 April 2017.

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

YOU MAY ALSO LIKE