Reuni Akbar Penyair Indonesia di HPI 2016 Undangan Hari Puisi Indonesia 2016

"Pak Mustafa Ismail, undangan telah sampai di tanganku. Terima kasih. Sampai jumpa hari Ràbu dalam pesta puisi menggembirakan."

Itu tulisan Kurnia Effendi. Penyair yang juga cerpenis dalam dinding facebook-nya. Sebagai pertanda undangan yang dikirimkan panitia Hari Puisi Indonesia 2016 di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Selasa-Rabu (11-12/10) telah sampai. Mustafa Ismail yang dimaksud adalah Sekretaris Panpel acara ini, yang juga penyair dan cerpenis.

Nanang R. Supriyatin, penyair yang juga menulis cerpen dan esei, mengibaratkan hajatan ini sebagai ajang sillaturahmi dan reuni akbar para penyair Indonesia. Menurut Nanang, banyak penyair yang datang ke TIM pada dua hari itu karena puisi-puisi mereka sering menghiasi media cetak melalui facebook dan media online lainnya.

Selanjutnya Nanang menyebut para penyair yang hadir di TIM pastilah mereka yang punya rasa persaudaraan, yang memiliki rasa Indonesia yang mendarah dan mendaging. Ia mempersilakan mereka saling mengenal, bersalaman, bahkan berpelukan (dalam tanda kutip). Berdiri sama tinggi. Duduk sama rendah. Inilah ungkapan sebagai bagian dari persatuan yang dimiliki.

Perhelatan HPI yang sudah beberapa tahun digelar memang semakin diminati. Simak dari jumlah peserta sayembara buku puisi yang mengalami lonjakan dibanding tahun lalu. Tahun ini panitia menerima 255 buku puisi dengan yang masuk penjurian 245 puisi. Tahun lalu hanya 111 buku puisi.

Hal ini membuktikan aktivitas ini telah menginspirasi para penyair. Tidak sekadar mempublikasikan karya-karya di media cetak, online, sampai pentasnya, namun getol menerbitkan buku meski itu bersifat indie asal ber-ISBN (International Standard Book Number). ISBN ini bisa didapatkan di Perpustakaan Nasional RI dengan gratis, asal memenuhi persyaratannya.

Dewan juri akan memilih 15 nomine. Kemudian, akan dipilih satu buku puisi terbaik untuk mendapatkan hadiah senilai Rp 50 juta. Selain itu, akan dipilih juga lima buku puisi pilihan untuk menerima hadiah masing-masing senilai Rp 10 juta.

Para pemenang akan diumumkan pada malam Anugerah HPI di Graha Bhakti Budaya, TIM, Rabu (12/10). (diy)

BACA JUGA:

  1. Pengunjung Banjiri Tempat Wisata Grojogan Sewu
  2. Wisata Istana Bogor, Warga Tidak Tahu Dilarang Pakai Jeans dan Bawa Kamera
  3. Para Agus Berkumpul di TMII
  4. Dishubkominfo Segera Datangkan Sepur Klutuk dari TMII
  5. 6600 Penari dalam Pertunjukan Tari Saman di HUT TMII Ke-41


Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE