Resto Sego Abang Bu Murni Suguhkan Kuliner Khas Gunungkidul Warung Sego Abang Lombok Ijo (MP/Fredy Wansyah)

Yogyakarta bisa dibilang surganya bagi para penggemar kuliner tradisional, dari mulai makanan berat hingga makanan ringan. Dari masing-masing daerah, baik di kota maupun di kabupaten, semuanya memiliki ciri khas yang beragam.

Dalam penyuguhannya pun, semua dikemas dengan cara yang lebih inovatif, untuk menarik pembeli. Salah satunya adalah Resto Sego Abang Bu Murni atau juga dikenal dengan sebutan Warung Sego Abang Lombok Ijo. Resto ini menyediakan nasi merah (sego abang) dan sayur lodeh cabai hijau (lombok ijo) sebagai menu utamanya.

Meski sebagai resto, jangan harap menemukan ruang makan dengan konsep elegan di sini. Karena semuanya justru tampak tradisional. Bangunan dan ornamennya didesain ala ndeso.

Menu-menu yang tersedia di sini merupakan kuliner tradisional dari Gunungkidul. Hal ini menyesuaikan dengan rasa lidah masyarakat Gunungkidul.

Resto Sego Abang Bu Murni

Suguhan Sego Abang Lombok Ijo terdiri dari nasi merah, gudeg daun pepaya, sayur lodeh lombok ijo, dan aneka lauk pauk.
Sayur lodehnya merupakan sayur dengan kuah santan dengan isian berupa cabai hijau, dan tempe. Rasanya gurih dan pedas. Untuk lauknya terdapat beberapa pilihan, mulai dari ayam kampung goreng, empal goreng, tahu, tempe, botok, dan pepes.

Harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat untuk kelas resto. Nasi atau sego abangnya hanya dibanderol Rp 4 ribu. Sementara sayur lodehnya juga hanya Rp 4 ribu. Jika ingi tambah belut, dihargai Rp 10 rubu. Jadi, hanya dengan uang tidak lebih dari Rp 20 ribu, menu utama di sini sudah bisa disantap.

Untuk Anda yang saat ini berada di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya, Resto Sego Abang Bu Murni juga bisa menjadi refrensi untuk menu makan siang. Resto Sego Abang Bu Murni beralamat di Jalan Wates, Km 5, Balecatur, Gamping, Balecatur, Sleman, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Posisinya berada di Jalan Raya menuju Kulonprogo. So, mudah ditemukan.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansayah, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya.



Widi Hatmoko

YOU MAY ALSO LIKE