Relawan Lomba Mulung Sungai Ciliwung Dilepas Sandiaga Uno Wagub Terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno (kanan) bersama Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno melepas 286 relawan Lomba Mulung Sungai Ciliwung ke-9 di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/5). Apa sebenarnya tujuan Lomba Mulung Sungai Ciliwung itu?

Sebagaimana dilansir Antara, Sandi mengaku terkejut diajak Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto untuk menghadiri kegiatan pelepasan relawan Lomba Mulung Sungai Ciliwung disela-sela kegiatan larinya.

"Ini tidak direncanakan, bagi saya ini kejutan, apalagi gerakan ini tujuannya agar Ciliwung bebas sampah," kata Sandi.

Sebanyak 286 orang relawan yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Bogor, dan komunitas peduli lingkungan dikerahkan mendampingi masyarakat di 13 kelurahan yang dilintasi Sungai Ciliwung melakukan aksi mulung sampah.

Lomba Mulung Sampah Ciliwung tahun ini merupakan yang kesembilan kalinya digelar oleh Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor.

"Hatur Nuhun pisan Pak Wali, Bogor membuat kegiatan mulung sampah di Ciliwung," kata Sandi.

Menurut Sandi, Sungai Ciliwung harus bebas sampah, karena berkaitan dengan kondisi DKI Jakarta di wilayah hilir.

"Sekarang tidak zamannya lagi kerja sendiri-sendiri. Ayo kita kerja bareng membersihkan Ciliwung," kata Sandi.

KPC dan Pemerintah Kota Bogor telah menyelenggarakan Lomba Mulung Sampah Ciliwung sejak sembilan tahun lalu. Sebanyak 12.276 warga Kota Bogor telah turun ke Sungai Ciliwung dan mengangkat sampah 15.939 karung dari Ciliwung.

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH