Rasakan Lembut Gurih Batagor Isan Batagor Isan Bandung. (Foto MP/Rina Garmina)

Aroma ikan tenggiri yang wangi langsung tercium saat menyuapkan batagor inj ke mulut. Pada suapan pertama, cita rasa gurih dari ikan tenggiri yamg digunakan pada proses pembuatannya juga langsung terasa. Batagor Isan yang terletak di Jalan Ciwastra Nomor 185, Bandung, ini memang telah lama disukai sejumlah warga Bandung karena cita rasanya yang gurih.

Meski hanya mencicipi dua buah, batagor ini sudah cukup mengenyangkan. Jika sedang lapar, dua buah batagor pasti tak akan cukup. Apalagi, rasanya yang enak mampu membuat orang ketagihan untuk menikmatinya.

"Batagornya enak, terasa ikannya. Bumbu kacangnya beda dengan yang lain. Kacangnya lebih terasa," kata Sekar Asmara (19), salah seorang pengunjung Batagor Isan.

Kuliner khas Bandung ini memiliki tekstur dan cita rasa yang khas. Tahu yang digunakan adalah tahu putih yang bertekstur padat. Bagian atas tahu dibalut dengan tepung sagu yang telah dicampur ikan tenggiri giling dan irisan daun bawang sehingga menghasilkan aroma yang wangi dan rasa yang gurih.

Tak ada aroma amis pada batagor ini. Artinya, Batagor Isan cukup selektif dalam memilih ikan tenggiri yang akan digunakan.

Cocolannya adalah saus kacang berwarna kemerahan karena dicampur dengan cabai merah. Baik kacang tanah maupun cabai merahnya dibuat agak kasar. Saat disajikan, saus kacang ini dibubuhi pula kecap manis dan air perasan jeruk limo.

Batagor Isan di Jalan Ciwastra Nomor 185, Bandung ini sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner. (Foto MP/Rina Garmina)

Satu buah Batagor Isan ditawarkan dengan harga Rp2.500. Meski dipasarkan di kedai yang berdesain sederhana, Batagor Isan ini selalu ramai. Sejak siang hingga menjelang sore hari, pengunjung terus menerus berdatangan. Bahkan, ada pula yang membelinya sebagai oleh-oleh.

Jika ingin menjadikannya oleh-oleh, Sahabat MP dapat membeli satu besek batagor yang isinya mulai dari 30 buah.

Kemesan besek Batagor Isan untuk pesanan takeaway. (Foto MP/Rina Garmina)

Artikel ini merupakan laporan dari Rina Garmina, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga ulasan merahputih.com lainnya tentang batagor Bandung di: Resep Batagor Spesial Khas Bandung Bikin Ngiler



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE