Raja Bulu, Ciri Khas Pisang Goreng Simanalagi Pisang Goreng Simanalagi (MP/Rina Garmina)

Tekstur yang empuk menjadi ciri khas pisang goreng di Kedai Pisang Goreng Simanalagi. Yup, saat memilih pisang, Caroline (52), sang pemilik kedai, memang tidak sembarangan. Apalagi, ia masih menggunakan resep warisan ibunya, Ny Tjiong, yang merupakan pendiri Pisang Goreng Simanalagi.

Ada lima jenis pisang goreng yang dijual di Kedai Pisang Goreng Simanalagi, yakni pisang raja, pisang kipas, pisang tanduk, pisang aroma, dan gegodoh. Sesuai dengan namanya, pisang raja menggunakan pisang raja bulu, sementara pisang tanduk memakai pisang tanduk.

Sahabat Merah mungkin bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan gegodoh. Ini adalah pisang goreng yang dibuat dari pisang tanduk dan pisang raja yang diiris-iris, lalu digoreng dalam balutan tepung.

Pisang goreng yang menggunakan pisang raja bulu memiliki tekstur yang empuk serta rasa yang manis. Madu dari pisangnya pun keluar saat digoreng, sehingga rasa manis alaminya cukup terasa. Beda dengan kebanyakan pisang, pisang raja bulu juga tidak bergetah sehingga turut mendukung kelezatan pisang goreng.

Pisang Goreng Simanalagi (MP/Rina Garmina)
Pisang Goreng Simanalagi (MP/Rina Garmina)

Untuk satu pisang raja, Caroline menggunakan satu buah pisang raja bulu, sehingga ukuran pisang gorengnya pun terlihat lebih besar ketimbang pisang goreng jenis lain yang ditawarkan di Simanalagi. Dengan ukurannya yang lebih besar, pisang raja dibanderol Rp 4 ribu.

Tepung yang membalut aneka pisang goreng Simanalagi juga berbeda dengan tepung pisang goreng gerobakan. Adonan tepung dibuat lebih lembut sehingga tetap lembut meski pisang goreng baru dikonsumsi berjam-jam setelah digoreng.

Rasa manis dan asin pada adonan tepungnya pun terasa pas. Penasaran? Datang saja ke Jalan Dalem Kaum Nomor 6, Bandung, mulai pukul 08.30 WIB.

Artikel ini berdasarkan liputan Rina Garmina, reporter merahputih.com yang bertugas di wilayah Bandung dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Mie Kocok Mang Dadeng: Kombinasi Mie Gepeng, Kikil Dan Kuah Kaldu Yang Gurih



Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH