Puluhan Peserta Tamasya Al Maidah Diamankan Polisi Ribuan umat Islam long march dari Masjid Istiqlal menuju Bundaran Patung Kuda dalam Demo 313 di Jakarta, Jumat (31/3). (MP/Dery Ridwansah)

Polsek Duren Sawit mengamankan 47 orang peserta aksi Tamasya Al Maidah yang ditugaskan oleh Partai Gerindra untuk memantau TPS-TPS di Kelurahan Klender dan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit.

"Semua orang ini berasal dari Sumenep, Madura," kata Kapolsek Duren Sawit, Kompol Yudho Huntoro, Rabu (19/4).

Penangkapan ini berawal pagi tadi sekitar pukul 10.30 WIB di TPS 01 dan 05 Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sebanyak 14 Orang berhasil diamankan pihak polisi saat ditugaskan untuk memantau TPS 01 dan 05.

"Sebanyak 14 orang itu merupakan warga Sumenep. Mereka dibawa ke Kantor Kecamatan Duren Sawit," kata Yudho.

Lalu Pada pukul 12.15 WIB, petugas kembali mengamankan 33 orang massa pemantau dari Partai Gerindra ke Kecamatan Duren Sawit. Sebanyak 33 orang itu diamankan dari TPS 55 Bojong RT 09/06, Kelurahan Pondok Kelapa.

"Rombongan wisata tersebut berangkat dari Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggunakan bus pariwisata pada hari Sabtu lalu dan tiba di Jakarta Minggu," kata Yudho.

Yudho mengatakan, setibanya di Jakarta, Rombongan dari Sumenep itu langsung menuju TMII untuk mengikuti Rakornas Partai Gerindra.

Selama berada di Jakarta, para rombongan wisata tersebut mendapat kebutuhan akomodasi berupa makan dan minum.

"Diberi uang juga. Setiap orang mendapatkan uang sebesar Rp100 ribu, serta seragam berwarna putih yang semuanya diberikan oleh Korlap. Tapi berdasarkan pengakuan rombongan, tidak diketahui nama korlapnya," kata Yudho.

Selama di Jakarta, para rombongan wisata tersebut menginap wilayah Kampung Sumur.

"Para rombongan wisata mendapat tugas dari Korlap untuk memantau serta mencatat perolehan suara di tiap TPS," kata Yudho.

Pada pukul 13.00 WIB seluruh peserta dijemput oleh Tim Advokasi dari Partai Gerindra.

"Jam 13.30 WIB, 47 orang tersebut dilepaskan dengan membuat surat pernyataan akan mengembalikan 47 orang yang diamankan tersebut kembali ke posko masing-masing," tandasnya. (Ayp)

Baca berita terkait Tamasya Al Maidah lainnya di: Tak Ada Tamasya Al Maidah Di TPS Anies Baswedan



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH