Presiden Jokowi Puji Produk Sritex Jokowi melihat produk Sritex saat persemian pabrik tekstil itu, Sukoharjo, Jateng, Jumat (21/4). (Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo memuji produk-produk Sritex dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Produk Sritek mampu tembus pasar internasional dan menjadi contoh produk dalam negeri yang sukses.

Jokowi meresmikan perluasan pabrik PT Sri Rejeki Isman Tbk, Jumat (21/4). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut banyak perusahaan Indonesia mampu memproduksi barang dengan kualitas internasional. Salah satunya PT Sri Rejeki Isman Tbk atau lebih dikenal Sritex.

"Kita lihat Sritex. Salah satu bukti merk Indonesia yang merajai pasar dunia. Mulai dari seragam militer, pakaian kerja, pakaian fesyen, dan pakaian anak semuanya dipasok Sritex. Enam puluh persen produknya untuk ekspor," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengapresiasi upaya Sritex untuk meningkatkan persaingan dalam bisnis dunia internasional. Salah satunya upaya memperluas pabrik sehingga kapasitas produksi dapat ditingkatkan.

"Saya tanya, apakah kita kalah dengan tekstil Vietnam? Karena saya dengar tekstil kita kalah oleh Vietnam. Dijawab oleh Pak Iwan (Presdir Sritex), kita tidak kalah. Kita bisa bersaing dengan mereka," ia menambahkan.

Sebagai bentuk dukungan kepada perusahaan-perusahaan Indonesia untuk dapat bersaing di pasar global, Jokowi menyatakan pemerintah terus mengupayakan kemudahan berusaha. Di antaranya penyederhanaan perizinan yang selalu jadi momok bagi kebanyakan pengusaha.

"Begitu daya saing kita turun, ya sudah kita akan dilibas oleh produksi dari luar. Oleh sebab itu, pemerintah sekarang ini memotong habis urusan-urusan yang berkaitan dengan perizinan," kata Jokowi.



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE