Presiden Jokowi Pesan Pertahankan Pasar Klewer Presiden Jokowi meresmikan kembali Pasar Klewer Solo, Jumat (21/4). (Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo berpesan kepada masyarakat agar mempertahankan Pasar Klewer sebagai ikon Kota Solo. Permintaan Jokowi disampaikan saat peresmian kembali Pasar Klewer, Jumat (21/4). Pasar tradisional terbesar di Jawa Tengah ini terbakar 2014.

"Pasar ini adalah ikon Kota Solo dan tidak boleh kalah dengan mal-mal besar. Pasar Klewer harus menjadi pasar tradisional yang modern dan aman," kata Jokowi dalam di hadapan pedagang dan masyarakat Kota Solo.

Pasar Klewer tidak hanya menjual produk-produk dari Kota Solo. Produk sejumlah daerah lain turut dijajakan, di antaranya Sragen, Karanganyar, Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Tegal, Pekalongan, Jepara, dan Cirebon.

"Ini menampung produk-produk rakyat untuk dipasarkan, baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor," ungkap Jokowi.

Jokowi sempat menceritakan bagaimana Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berulang kali minta kepastian revitalisasi Pasar Klewer. Kemudian sepuluh persen dana revitalisasi Pasar Klewer dibiayai oleh APBD Kota Solo, yakni sebesar Rp16 miliar dan sisanya APBN.

"Karena APBN kita digunakan dari Sabang sampai Merauke. Harus dibagi-bagi agar semua mendapatkan. Akhirnya Pak Rudi (Wali Kota Solo) menyampaikan APBD bisa kira-kira sepuluh persennya, Rp16 miliar. APBN menanggung sisanya, tapi ternyata habisnya juga banyak sekali," kata Presiden Jokowi.



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE