Presiden Jokowi Minta Dukungan Lithuania Pasarkan Sawit ke Eropa

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 17 Mei 2017
Presiden Jokowi Minta Dukungan Lithuania Pasarkan Sawit ke Eropa
Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite (kiri) dan Presiden Joko Widodo. (Foto Biro Pers Setpres)

Pemerintah Indonesia juga meminta dukungan Lithuania dalam pemasaran produk sawit Indonesia di Eropa. Hal ini dikarenakan selama ini produk sawit Indonesia sering mendapatkan hambatan di pasar internasional.

"Indonesia juga telah menyampaikan concern terhadap terus berlangsungnya kampanye hitam dan tindakan diskriminatif produk sawit Indonesia di Eropa, dan tadi kita juga meminta dukungan Lithuania agar produk sawit Indonesia diberlakukan secara fair," ujar Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/5).

Di samping itu, Pemerintah Lithuania dan Indonesia akan meningkatkan kerjasama di bidang energi terbarukan, konservasi energi, serta pengembangan bisnis di sektor energi. Mengingat Lithuania sendiri memiliki kapabilitas dalam bidang energi surya, biomasa dan biofuel.

"Kerja sama di bidang energi yang menyangkut energi biomasa, energi dari sampah dan juga gas serta di bidang IT baik untuk penggunaan di transportasi darat maupun di penerbangan, serta di bidang-bidang yang lainnya," kata Presiden.

Selain itu, Pemerintah Indonesia dan Lithuania akan memperluas kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua negara.

"Kita juga mendorong agar negosiasi Indonesia dan EU Comprehensive Partnership Agreement akan dapat segera diselesaikan," ucap Jokowi.

Adapun di bidang pariwisata, pemerintah Indonesia dan Lithuania bertekad untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan kedua negara. Apalagi jumlah wisatawan Lithuania yang berkunjung ke Indonesia dalam empat tahun terakhir meningkat sangat signifikan, yaitu meningkat 183 persen dari tahun 2013 ke 2016.

"Lithuania dan Eropa siap mendukung CEPA dan juga dalam negosiasi bebas visa ke Uni Eropa karena kerjasama ini akan mendatangkan pemasukan 2,5 miliar euro. Ini akan meningkatkan kesejahteraan dan keamanan," ucap Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite.

Grybauskaite menambahkan, pertemuan kedua negara akan menjadi momentum dorongan kedua belah pihak, salah satunya di bidang pertanian.

Kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania ke Indonesia disambut dengan upacara kenegaraan yang dimeriahkan oleh pasukan Nusantara, korps musik, serta para pelajar yang mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Bagi Lithuania, ini adalah kunjungan yang pertama kali ke Indonesia sejak pembukaan hubungan diplomatik.

#Presiden Lithuania #Dalia Grybauskait?
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan