Polisi: Aksi Teroris di Tuban Perintah Zainal Anshori Densus 88. (MP/Rizki Fitrianto)

Enam terduga teroris akhirnya ditembak mati pihak kepolisian Tuban setelah para pelaku melakukan penembakan terhadap anggota Satlantas Polres Tuban di Jalan Raya Tuban-Semarang, Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Jawa Timur, kemarin.

"Dari identifikasi kartu identitas milik pelaku yang meninggal dunia adalah AH, SA, Y, EP. Sementara, dua orang lainnya belum dapat teridentifikasi," ujar Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Rikwanto kepada Merahputih.com, Minggu (9/4).

Rikwanto mengatakan, para pelaku itu merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) wilayah Semarang yang diketuai oleh Fauzan Mubarok. "Beliau ini adalah amir JAD Semarang sekarang," kata Rikwanto.

Aksi penembakan ini, kata Rikwanto, memang telah direncanakan. "Serangan ini merupakan perintah dari Zainal Anshori, amir JAD Nusantara yang sebelumnya ditangkap di Tuban," kata Rikwanto.

Kemarin, aksi penyerangan terjadi di Pos Black Spot Sat Lantas Polres Tuban, di Jalan Raya Tuban-Semarang.

Kejadian bermula saat datang 1 unit mobil Daihatsu Terios warna putih H 9037 BZ dan kemudian berhenti di dekat pos.

Saat itu, dua anggota lantas Polres Tuban mendatangi mobil tersebut. Namun, penumpang di bangku depan kiri dan bangku tengah justru melepaskan tembakan sebanyak empat kali ke arah anggota.

Usai menembak, mobil berisi enam orang itu melarikan diri ke arah Mapolsek Jenu dengan kecepatan tinggi. Anggota lainnya pun melakukan penghadangan di depan Mapolsek Jenu. Akibatnya, mobil pelaku kemudian memutar balik di SPBU Jenu kembali ke arah barat dan kemudian dikejar oleh anggota Polsek.

Pada saat dilakukan pengejaran, para pelaku kemudian melakukan penembakan terhadap mobil anggota Polsek yang melakukan pengejaran. Sesampainya di depan gudang fluid system "Andalan", para pelaku keluar dari mobil dan berlari ke arah selatan menuju kawasan persawahan.

Pada saat dilakukan penyisiran terjadi kontak tembak dengan anggota Brimob dan kemudian enam terduga teroris meninggal dunia dalam operasi penindakan tersebut. (Ayp)

Baca berita terkait teroris lainnya di: Jenazah Terduga Teroris Tuban Dibawa Ke RS Bhayangkara



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE