PKS Desak Polri Tindak Tegas Inisiator Minahasa Merdeka Anggota DPR RI Komisi III Fraksi PKS, Nasir Djamil. (MP/Ponco Sulaksono)

Setelah sekelompok orang menggulirkan Minahasa Merdeka, menuai protes dari berbagai kalangan. Salah satunya datang dari Anggota DPR RI Komisi III Fraksi PKS, Nasir Djamil. Ia mendesak aparat menindak tegas inisiator Minahasa Merdeka tersebut.

"Kita berharap penegak hukum tidak diskriminatif dalam menyikapi apa yang dilakukan oleh saudara-saudara kita di Minahasa itu," kata Nasir saat ditemui merahputih.com di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, (Kamis 18/5).

Penindakan tersebut, lanjut Nasir, guna menghindari hal serupa terjadi di daerah-daerah lain yang tergabung dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Penegak hukum harus tegas. Karena kalau dibiarkan saya khawatir akan menjalar ke daerah lain," tandasnya.

Menurut Nasir, apa pun bentuk kekecewaan terhadap vonis yang dijatuhkan majelis hakim terhadap Ahok, semestinya tidak perlu disikapi secara berlebihan, seperti di Minahasa.

"Tidak bisa dibenarkan apa pun alasannya. Apalagi alasan kecewa dengan vonis Ahok, apalagi dikait-kaitkan seperti itu, lalu kemudian mendeklarasikan Minahasa merdeka. Menurut saya, ini tidak benar. Ini melecehkan Negara Indonesia," ujarnya.

Di samping itu, Nasir kembali menegaskan, jangan ada diskrimminasi dalam upaya menindak inisiator yang menggulirkan isu Minahasa Merdeka. Hal tersebut, guna menghindari perspektif negatif publik terhadap aparat penegak hukum.

"Jangan kemudian ada anggapan bahwa tebang pilih, ya. Kalau Muhamad Al Khatath makar, lalu kemudian Sri Bintang Pamungkas makar, Rachmawati Soekarnoputri makar. Minahasa kenapa gak masuk kategori makar," tandasnya.

"Saya pikir begini, ya. Untuk mewujudkan polisi yang kemudian dapat dipercaya masyarakat, maka salah satunya adalah harus objektif dalam penegakkan hukum. Objektif, transparan, adil dan bertanggung jawab," ksts Anggota Dewan asal Aceh itu. (Pon)

Baca berita terkait Minahasa Merdeka lainnya di: DPR Nilai Gerakan Minahasa Merdeka Ganggu Negara


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE