Pisau Kerambit, Senjata Rahasia yang Lahir dari Filsafah Minangkabau Proses pembuatan pisau karambit. (FOTO Antara)

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, Pisau Kerambit, Senjata Tradisional Minangkabau yang Diadopsi Tentara Amerika, yuk kita 'kulik' lebih jauh soal pisau kerambit.

Karambit lahir di Indonesia, tepatnya di tanah Minangkabau, Sumatera Barat. Pisau kerambit merupakan salah satu senjata warisan budaya. Mengapa tidak begitu 'terdengar' di tanah air?

Sangat jarang para pendekar silat mau mengajarkan teknik bermain kerambit atau pun mendemonstrasikan kemampuannya di depan khalayak. Karena, kerambit sebenarnya termasuk senjata rahasia, dan seorang guru silat yang menguasainya tidak sembarangan mau menurunkan ilmunya kecuali jika benar-benar percaya.

Kerambit juga sengaja dirancang lebih melengkung seperti kuku harimau setelah bertarung dengan menggunakan cakarnya. Hal ini juga sejalan dengan falsafah Minangkabau yang berbunyi "Alam takambang jadi guru".

Namun, jika sepasang kerambit 'dimainkan', melambangkan seekor kerbau yang menjadi lambang Minangkabau, jati diri seorang ksatria atau pendekar. Selain itu, jika sepasang kerambit disatukan akan menggambarkan perlambang hati.

Memainkan langkah Kerambit, ia muncul dari sisi atau samping perut dan tersembunyi pada iga atau rusuk. Hal tersebut melambangkan tulang iga yang mengingatkan riwayat seorang wanita, juga perlambang tulang rusuk yang mengibaratkan ia melindungi organ dalam manusia.

Ada beberapa tahapan pembuatan Kerambit. Pertama, besi dipipihkan dan dibakar, lalu didinginkan. Setelah pipih, kerambit barulah bisa diasah lebih tajam, kemudian dibuat gerigi di bagian bawah sebagai modifikasinya. Gerigi tersebut jugalah yang akan menjadi pembeda antara betina (bergigi lima) dan jantan (bergigi tujuh).

Kemudian dengan gerinda, Kerambit diasah sampai halus dan tidak nampak seperti besi bekas. Pesanan satu Kerambit dikerjakan sekitar satu jam, dengan tarif Rp 350 ribu untuk pisau dan gagang dengan ukiran.



Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH