Pilkada DKI Jakarta, Isu Agama Tak Pengaruhi Pilihan Masyarakat Betawi

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 06 Maret 2016
Pilkada DKI Jakarta, Isu Agama Tak Pengaruhi Pilihan Masyarakat Betawi
JJ Rizal

MerahPutih Megapolitan- Panasnya pertarungan calon gubernur jelang Pilkada DKI 2017 sudah semakin terlihat. Beberapa calon sudah mulai menebar wangi guna meraih simpatik warga Jakarta.

Namun, budayawan betawi JJ Rizal menilai pertarungan calon gubernur DKI Jakarta dengan menjual aroma agama tidak akan berpengaruh bagi masyarakat Betawi.

"Dalam sejarah perpolitikan di Jakarta tokoh islam tidak pernah kuat. Di Jakarta kita tidak melihat ada suara yang dominan kecuali di 1982 ketika PPP mendapat suara yang sangat signifikan," ucapnya kepada merahputih.com di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (6/3).

Meskipun Betawi sangat identik dengan islam, bukan berarti masyarakat Betawi akan terpengaruh dengan kampanye soal agama. Hal ini terjadi karena sejarah masyarakat Betawi adalah masyarakat yang sangat terbuka dengan siapa saja.

"Orang Betawi, orang islam iya identik, tapi kalau dibilang orang Betawi bersifat religius dalam artian punya kecenderungan melakukan pemurnian, itu keliru. Karena menurut sejarah orang betawi justru menimbulkan keberagaman. Contoh aja lebaran apa ada makanan Arab," ujar Rizal. (yni)

BACA JUGA:

  1. JJ Rizal : Suara Masyarakat Betawi Cair
  2. Ormas Daerah Dianggap Pecah Belah Masyarakat Betawi
  3. Masyarakat Betawi Menanti Sosok Pengganti Ali Sadikin
  4. Makna Lagu Kicir - Kicir dari Betawi
  5. Kue Putu Mayang, Kuliner Khas Betawi Yang Langka
#Pilkada DKI Jakarta 2017 #Kuliner Betawi #Budaya Betawi #Putra Betawi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan