Pesona Air Terjun Kedung Kandang Luar Biasa Indahnya

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 06 Februari 2017
Pesona Air Terjun Kedung Kandang Luar Biasa Indahnya
Air Terjun Kedung Kandang. (Instagram/wonderfuljogja)

Gunungkidul menyimpan sejuta lokasi wisata alam yang menakjubkan, pantai selatan di antaranya. Pantai-pantai di bibir laut selatan Yogyakarta menyuguhkan keindahan yang luar biasa. Jernihnya air laut, pesona batu karang, hingga bentangan pasir pantai merupakan penyaji keindahan tersebut.

Selain itu, ada pula alam-alam lainnya yang tak kalah indahnya. Salah satunya ialah air terjun Kedung Kandang. Objek wisata alam bebas ini masih sekawasan dengan Desa Wisata Nglanggeran. Letaknya di Dusun Gunungbutak, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jaraknya dari Kota Yogyakarta cukup jauh, sekitar 50-60 kilometer atau dengan waktu tempuh sekiatr 2 jam lebih.

Air terjun ini merupakan air terjun musiman. Indah di saat musim hujan karena tingginya debit air, tetapi kurang indah di saat musim kemarau karena debit airnya kecil. Bahkan, jika umumnya wilayah Gunungkidul kekeringan, air terjun ini pun ikut kering.

Air terjun ini mempunyai tingkatan sebanyak 6 tingkat. Di tepian tingkatannya terdapat jalansetapak. Dari situlah pengunjung biasa menaiki air terjun di tingkat paling atas. Ada begitu banyak sensasi ketika berada di tingkat atas. Misalnya, menikmati keindahaan yang luar biasa di sekeliling air terjun, serta berswafoto tentunya.

(Instagram/iskandar.yusri)
(Instagram/iskandar.yusri)

Posisi air terjun persis di persawahan penduduk, sehingga membuat pemandangan air terjun sangat asri. Sekelilingnya tampak hijau dengan pemandangan sawah yang berderet rapi. Tebing-tebing batu vulkanik menjadi dasarnya. Airnya pun terasa sangat dingin, seperti air di tengah gunung. Usut punya usut, keberadaan air terjun ini tak terlepas dari keberadaan gunung api purba Nglanggeran.

Untuk menghabiskan waktu di air terjun Kedung Kandang, wajib membawa makanan dari luar. Pasalnya, di lokasi ini tidak ada satu pun pedagang. Bahkan, jarak antara kampung penduduk dengan air terjun terbilang cukup jauh. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer.

Di sini pengunjung tidak akan dipungut biaya retribusi. Hanya saja, perlu menyediakan biaya parkir di lokasi yang telah dikelola warga Dusun Gunungbutak. Tarif parkir motor hanya Rp3.000, sementara mobil Rp5.000.

Berita ini berdasarkan laporan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dapatkan informasi lainnya dari Yogyakarta dalam artikel:1.190 Pelajar Kurang Mampu di Yogyakarta dapat KIP.

#Air Terjun #Wisata Gunungkidul #Kedung Kandang #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan