Peristiwa Langka, Bunga Bangkai Berkelopak Enam Mekar

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 19 April 2017
Peristiwa Langka, Bunga Bangkai Berkelopak Enam Mekar
Ilustrasi Rafflesia Arnoldii (Foto: Chrisman Sitanggang/Koleksi Pribadi)

Satu bunga Rafflesia Arnoldii langka dengan enam kelopak, mekar di Hutan Lindung Bukit Daun, di Desa Taba Teret, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

"Peristiwa yang cukup langka, karena bunga rafflesia umumnya lima kelopak, tapi kali ini kami temukan satu kuntum dengan enam kelopak," kata Gilang Ibnu, warga Desa Taba Teret saat dihubungi dari Bengkulu, Rabu (19/4).

Ia mengatakan, bunga itu ditemukan mekar sempurna dalam hutan berjarak 20 meter dari badan jalan raya Kota Bengkulu-Kepahiang.

Anggota kelompok peduli bunga langka di wilayah itu sudah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menyaksikan bunga langka itu.

"Kami juga membuat pengumuman di pinggir jalan raya untuk memudahkan pengunjung menemukan lokasi," ujarnya.

Hutan Bukit Barisan di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kepahiang yakni Hutan Lindung Bukit Daun dan Cagar Alam Taba Penanjung merupakan habitat Rafflesia Arnoldii.

Menurut dia, keberadaan bunga langka itu mampu menarik wisatawan dalam dan luar negeri datang ke sana.

"Setiap ada bunga mekar selalu kami informasikan lewat media sosial terutama Facebook, dan cukup efektif mendatangkan pengunjung," ucapnya.

Ia memperkirakan, bunga dengan diameter lebih 60 centimeter tersebut dapat dinikmati hingga empat hari mendatang.

Rafflesia Arnoldii ikon Provinsi Bengkulu yang ditetapkan sebagai flora dilindungi berdasarkan UU Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya.

Di kawasan hutan Provinsi Bengkulu telah teridentifikasi empat jenis bunga bangkai yakni Rafflesia Arnoldii, Rafflesia Bengkuluensis, Rafflesia Gadutensisdan Rafflesia Hasselti.

Sumber: ANTARA

#Rafflesia Arnoldii #Provinsi Bengkulu
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan