Perempuan Tersangka Pembunuh Kim Jong Nam Gemar Menyanyi Rekaman CCTV terduga pembunuh Kim Jong Nam. (FOTO Antara/Reuters/CCTV)

Perempuan Vietnam yang diduga membantu pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, merupakan sosok yang gemar menyanyi. Halaman Facebook miliknya memperlihatkan berbagai potret dirinya dalam pose mencibir dan foto-foto pesta.

Empat hari sebelum Kim Jong Nam tewas di sebuah bandara di Malaysia, perempuan Vietnam tersebut mengunggah foto diri dengan mengenakan kaus bertuliskan "LOL". Kaus itu sama dengan yang dikenakan oleh tersangka yang kabur dan gambarnya tertangkap kamera pengawas.

Menurut Kepolisian Malaysia yang menahannya terkait pembunuhan Kim Jong Nam, sang perempuan bernama Doan Thi Huong itu pernah bekerja di sebuah perusahaan hiburan.

Di sebuah daerah persawahan di Vietnam Utara, keluarga yang putrinya memiliki keterangan sama dengan yang dimiliki Kepolisian Malaysia mengatakan mereka tidak terlalu tahu keberadaan Huong sejak ia meninggalkan rumah sepuluh tahun lalu saat berusia 18 tahun.

Unggahan terakhir pada halaman Facebook dengan nama "Ruby Ruby", yang dibenarkan para anggota keluarga sebagai akun milik Huong, tercatat dilakukan pada 11 Februari dari Kampong Besut, Malaysia.

"Aku ingin tidur lebih lama tetapi di sampingmu," demikian bunyi tulisan di atas foto dirinya, yang dalam keadaan mata tertutup dan tubuh terlilit selimut di tempat tidur.

Kepolisian Malaysia mengatakan bahwa Huong dan satu perempuan Indonesia mengusapkan suatu cairan racun, yang belum diketahui jenisnya, ke wajah Kim Jong Nam di terminal penerbangan murah bandar udara Kuala Lumpur pada 13 Februari.

Saudara tiri Kim Jong Un yang mengasingkan diri dari Korut itu meninggal tak lama kemudian.

Huong digambarkan oleh kepolisian sebagai seorang "karyawati perusahaan hiburan", namun polisi belum memberikan keterangan rinci soal di mana Huong pernah bekerja dan apa status imigrasinya.

Di antara berbagai tautan di akun Facebook lainnya, yang menurut keluarganya juga memperlihatkan foto-foto Huong, adalah halaman program ajang pencarian bakat Vietnam Idol. Akun itu bernama "Bella Tron Tron Bella". Tidak ada unggahan setelah November tahun lalu.

Seorang perempuan yang sangat mirip dengan Huong pada 3 Juni 2016 bernyanyi di acara tersebut sebagai peserta dengan nomor 67816.

Alat pengenal wajah mengeluarkan hasil yang mirip dengan wajah-wajah Huong dalam tahanan, seperti yang dikeluarkan kepolisian Malaysia.

Sang peserta kontes menyanyi itu menyebut Nam Dinh sebagai kotanya berasal, sama dengan keterangan yang ada di paspor Huong, namun nama yang disebutkan adalah Dinh Thi Khuyen. Perempuan tersebut keluar dari kontes pada putaran pertama.

Seorang anggota tim pemilih kontestan menolak berkomentar soal penampilan penyanyi tersebut dan juru bicaranya belum mengabulkan permintaan untuk berkomentar.

"Mau aku nyanyikan sebuah lagu untukmu?" tulisnya di Facebook pada 24 Maret tahun lalu. "Ayo segera jawab dan tulis nomor telepon di bagian komentar. Aku akan menyanyi untukmu." Para anggota keluarga Huong sebagian besar bekerja mengolah sawah di sekitar rumah mereka di Nam Dinh, di Delta Sungai Merah di Hanoi tenggara.

Huong, kata mereka, datang sesekali dan tidak jelas tinggal di mana. Huong saat ini berusia 28 tahun.

Seorang pejabat kepolisian Korea Selatan mengatakan Huong pernah mengunjungi Kepulauan Jeju pada November selama empat hari. Kepolisian setempat sedang mencari informasi soal apa yang dilakukan Huong di tempat tujuan wisat itu.

Sebagian besar foto di akun-akun Huong memperlihatkan dirinya sedang berada di pesta-pesta, kamar hotel atau foto pribadi.

Pada 3 Januari, Huong mengunggah foto tiket masuk pesawat dari Hanoi ke Kuala Lumpur. Para anggoa keluarga mengatakan Huong terakhir kali berada di Nam Dinh pada 25 hinga 29 Januari.

Sumber: ANTARA



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH