Perempuan-Perempuan Perkasa di Dunia Pria Otomotif, industri yang didominasi kaum pria (Foto: worldatlas.com)

Tak semua perempuan berhasil menduduki jabatan pemimpin di bidang yang didominasi kaum pria. Empat perempuan ini termasuk tangguh, karena berhasil menjadi perempuan pertama yang didapuk menjadi pimpinan di industri otomotif, teknologi informasi, telekomunikasi dan lembaga antirasuah.

1. Betty S Alisjahbana

Betty Alisjahbana (Foto: http://qb-leadership.com)

Betty S Alisjahbana adalah perempuan pertama di Kawasan Asia Pasifik yang memegang posisi country general manager IBM. Ia memulai kariernya di IBM Indonesia pada 1984 sebagai management trainee dan menjabat sebagai country general manager IBM sejak 2000 hingga 2008. Di tahun 2008, Betty mengundurkan diri dari IBM dan beralih menjadi pengusaha dengan mendirikan Quantum Business International dan kini menjadi comissioner di Garuda Indonesia. Pada awal 2017, ia juga merilis buku berjudul Perempuan Pemimpin: Inspirasi 10 CEO.

2. Wenda Wonoseputro

Pertama kali melihat Wenda Wonoseputro di tahun 2004 tampak jelas kalau ia perempuan tangguh dengan visi yang jelas. Saat itu, ia telah menjabat sebagai president director Cars and Cars Indonesia, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Volkswagen, sejak 2001. Di awal 2000, tak banyak perempuan yang bisa menjabat sebagai president director di perusahaan otomotif. Dunia otomotif tak lepas dari kariernya. Kini, Wenda menjabat sebagai direktur di Voltronic Indonesia. Jika dihitung-hitung, ia telah bergelut di dunia yang hingga kini masih didominasi kaum pria itu selama lebih dari 40 tahun.

3. Dian Siswarini

Dian Siswarini (Foto: diansiswarini.com)

Kerja keras dan passion menjadi kunci sukses Dian Siswarini. Lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung atau ITB itu didapuk menjadi chief executive officer XL Axiata per 1 April 2015. Ia perempuan perempuan pertama yang menjadi CEO di industri telekomunikasi. Sebagai perempuan yang menimba ilmu dan lama bekerja di bidang pekerjaan laki-laki, Dian tak jarang terpaksa harus menjalankan tugas. Salah satunya ialah memanjat tower BTS sewaktu bertugas sebagai radio engineer. Wow, perkasa sekali ya, perempuan satu ini!

4. Basaria Panjaitan

Kehadiran Basaria Panjaitan di jajaran pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi terobosan baru bagi lembaga antirasuah tersebut. Ia adalah perempuan pertama yang menduduki jabatan Wakil Ketua KPK. Sebagai perempuan, dia diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam memberantas korupsi. Ketika masih berprofesi sebagai polisi wanita, Basaria juga merupakan satu-satunya polwan yang berpangkat Irjen.

Baca artikel terkait



Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE