News Indonesia

Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia Vs Australia Terkini

Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia Vs Australia Terkini

MerahPutih Indonesia- Hubungan Indonesia-Australia kembali memanas usai TNI memutuskan hubungan kerjasama pertahanan dengan Special Air Service Resiment (Pasukan Khusus Angkatan Darat Australia) menyusul terkuaknya doktrin militer Australia yang dinilai TNI mendiskreditkan ideologi bangsa.

Berdasarkan keterangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, terbongkarnya kasus penghinaan tersebut, setelah seorang Pati yang ditugaskan TNI untuk bertukar ilmu di negara kangguru menemukan hal itu dan melaporkannya ke Panglima TNI.

Ada pun beberapa hal yang dinilai merendahkan martabat bangsa Indonesia tidak dijelaskan rinci oleh Panglima TNI. Namun, ia menyebut sejumlah kasus, seperti TNI dulu, kasus Timur Leste, Kasus Papua harus merdeka, dan plesetan Pancasila jadi Pancagila.

"Sangat menyakitkan dan tidak etis sebagai negara sahabat," ujar Jenderal Gatot beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, merenggangnya hubungan Indonesia-Australia bukan hanya terjadi sekali ini saja, beberapa kasus juga pernah membuat Indonesia murka kepada negara tetangga tersebut.

Jika melihat kondisi ini, bukan tidak mungkin suatu saat nanti hubungan kedua negara akan lebih panas hingga menimbulkan gesekan militer.

Nah, untuk mengetahui peta kekuatan militer Indonesia-Australia, merahputih.com menghadirkan data kekuatan militer kedua negara yang dilansir Global Fire Power.com tahun 2016.

Berdasarkan data yang dihimpun, diketahui kekuatan militer Indonesia masih berada diatas Australia dan bahkan di atas negara-negara Asia Tenggara.

Peringkat kekuatan militer Indonesia berada pada peringkat 14 dunia dari 126 negara versi GFP. Sementara Australia berada di posisi ke 23. Data yang disiarkan GFP ini dilihat dari beberapa segi, diantaranya jumlah personel militer aktif, alutsista, dan populasi penduduk.

Berikut rincian perbandingan kekuatan militer indonesia VS Austlia.

Indonesia,
Jumlah Penduduk : 255,993,674
Tentara aktif : 476,000

Kekuatan Alutsista Darat
Main Battle Tank : 468
Armored Fighting Vehicles (AFVs) : 1,089
Towed-Artillery : 80
Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) : 86

Kekuatan Udara
Total Pesawat Tempur : 420
Helicopter : 152

Kekuatan Laut
Total kekuatan armada tempur laut : 221

Australia,
Jumlah Penduduk : 22,751,014
Tentara aktif : 60,000

Kekuatan Alutsista Darat
Main Battle Tank : 59
Armored Fighting Vehicles (AFVs) : 2,040
Towed-Artillery : 75
Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) : 0

Kekuatan Udara
Total Pesawat Tempur : 417
Helicopter : 166

Kekuatan Laut
Total kekuatan armada tempur laut : 47

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami