Perayaan Cap Go Meh di Bogor, Tokoh Lintas Agama Panjatkan Doa Bersama Ilustrasi Kemeriahan Karnaval Cap Go Meh 2016 di Glodok

Menyambut perayaan Cap Go Meh pada 11 Februari nanti, para tokoh lintas agama berkumpul di Bogor. Mereka akan menggelar doa bersama untuk keselamatan kota Bogor dan Indonesia.

Berdasarkan penjelasan Ko Ayung selaku juru pelihara Vihara Dhanagun kepada tim merahputih.com, perayaan Cap Go Meh 2017 Bogor nanti merupakan ajang budaya masyarakat guna pemersatu bangsa.

"Perlu untuk diketahui masyarakat luas, setiap perayaan Cap Go Meh, panitianya justru lebih banyak pribumi yang notabene merupakan muslim. Dan itu bukan penghalang bagi kami," jelas Ko Ayung.

Adapun tokoh-tokoh lintas agama yang akan turut serta memayungi doa untuk kota Bogor adalah Habib Noval, Romo Mikael Endro, Pdt. Lelly Frida Sundoro, YM Bante Arya Maitry, I Wayan Swastika, dan Ferry Lawiatna.

Sedangkan untuk rangkaian acara nanti, Ko Ayung mengatakan, dimulai di Hok Tek Bio (Vihara Dhanagun), Jalan Suryakencana. Kemudian disusul dengan pemindahan Trimulia Hok Tek Bio; kimsin Hok Tek Tjeng Sin, Dewi Kwan Im, dan Dewa Kwang Kong yang akan dinaikkan ke joli (tandu yang biasanya tertutupi).

Kegiatan perayaan Cap Go Meh dimulai pukul 8.00 WIB dan diperkirakan selesai sebelum pukul 24.00 WIB.

Dengan adanya perayaan tersebut, Ko Ayung berharap masyarakat Indonesia terlebih warga Bogor dapat mengambil kebaikan demi keutuhan bangsa.

"Jangan ada lagi tindakan yang mengarah kepada rasisme. Leluhur kita sudah memberikan contoh, bagaimana indahnya hidup bersama di dalam sebuah perbedaan. Ayo, sama-sama kita bangun negeri kita tercinta ini," ucapnya.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH