Perayaan Cap Go Meh 2017 di Bogor Akan Dihadiri Presiden Jokowi Presiden Jokowi (Foto: Humas Setneg)

Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi diperkirakan akan kembali menghadiri perayaan Cap Go Meh 2017 di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/2). Pada kesempatan nanti, Presiden Jokowi juga akan memberikan sambutan sebelum memulai beberapa rangkaian acara.

Berdasarkan penjelasan Koh Ayung selaku juru pelihara Vihara Dhanagun kepada merahputih.com, perayaan Cap Go Meh 2017 Bogor akan dilaksanakan di Hok Tek Bio (Vihara Dhanagun) di Jalan Suryakencana, Bogor. Kemudian disusul dengan pemindahan Trimulia Hok Tek Bio; kimsin Hok Tek Tjeng Sin, Dewi Kwan Im, dan Dewa Kwang Kong yang akan dinaikkan ke joli (tandu yang biasanya tertutupi).

"Perayaan Cap Go Meh memang selalu dimulai dari Hok Tek Bio. Setelah melakukan ritual di sini, kemudian akan dilanjut dengan pawai seni-budaya dan beberapa ritual lainnya," jelas Ko Ayung, tokoh Tionghoa senior di Kota Bogor dan penasehat perayaan Cap Go Meh 2017.

Selain itu, tambah Ko Ayung, juga akan dilakukan beberapa pertunjukan seni dan ritual di halaman Vihara Dhanagun. Dan uniknya, ketika kedatangan Presiden Jokowi, panitia akan menyambut dengan paduan tim marawis.

"Sebenarnya, Pak Jokowi sudah dua kali menghadiri perayaan Cap Go Meh di Bogor, termasuk besok. Dan beliau kagum atas kerukunan di sini. Kami sangat menjaga persatuan dan kesatuan demi Indonesia," tambahnya.

Usai presiden memberikan sambutan, Ko Ayung mengatakan acara akan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan lainnya, dan akan berakhir sebelum pukul 24.00 WIB.

Adapun Cap Go Meh sendiri merupakan momen hari terakhir Tahun Baru Imlek yang dirayakan oleh orang-orang Tionghoa di seluruh dunia. Sedangkan untuk istilah Cap Go Meh berasal dari dialek Hokkian dan secara harfiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam).


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE