Penyebab Pusing saat Bangun Tidur Ilustrasi (Foto: Herworldplus.com)

Sebagian orang mungkin sering mengalami sakit kepala, pusing, mata berkunang-kunang, dan kehilangan keseimbangan saat bangun tidur. Ternyata hal tersebut timbul karena ada beberapa faktor penyebab yang mungkin tidak Anda sadari.

Berikut beberapa penyebabnya.

1. Terkena vertigo

Penyebab pertama adalah karena Anda mengalami gangguan vertigo. Vertigo sendiri merupakan salah satu jenis sakit kepala yang membuat penderitanya seperti merasakan pusing dan kepala serasa berputar-putar. Gejala pusing itu ditimbulkan karena terjadi gangguan koordinasi saraf dan otak yang melemah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya karena infeksi telinga dalam. Dibandingkan dengan jenis sakit kepala lainnya, vertigolah yang paling parah.

Selain itu, gejala lainnya yang ditimbulkan akibat vertigo juga masih banyak lagi seperti mudah lelah, mual, nyeri otot dan peka terhadap cahaya. Dan cara yang ampuh untuk mengobati penderita vertigo dengan meminum wedang jahe setiap pagi, namun akan lebih baik jika Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter agar kondisi Anda bisa cepat membaik.

2. Tekanan darah rendah

Jika Anda merasakan pusing saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena Anda memiliki tekanan darah rendah. Jika tekanan darah Anda rendah maka salah satu dampak yang ditimbulkan ialah Anda akan merasakan kepala sering pusing setelah bangun dari tempat tidur.

Timbulnya tekanan darah rendah disebabkan karena kondisi tubuh Anda yang kekurangan vitamin B12. Vitamin tersebut berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain pusing ada juga efek lain yang ditimbulkan karena kekurangan vitamin B12, yakni tubuh Anda akan sering merasakan kesemutan, mudah mengantuk, nafsu makan berkurang, dan masih banyak yang lainnya.

3. Efek samping obat-obatan

Obat-obatan memang memiliki khasiatnya masing-masing, contohnya obat sakit kepala berkhasiat meredakan atau menghilangkan rasa sakit kepala.

Namun, obat-obatan juga memiliki efek samping bagi peminumnya, di antaranya pusing. Obat dengan kandungan diuretik, analgesik, transquilizer, dan anticonvulsant adalah jenis obat yang memiliki efek samping pusing, terutama saat Anda bangun tidur di pagi hari.

Jadi jika Anda merasakan sakit, usahakan untuk mencari tahu lebih dulu efek samping yang ditibulkan setelah Anda mengonsumsi obat tersebut.

4. Merasakan gelisah dan cemas

Tanpa Anda sadari, ternyata rasa cemas dan gelisah yang terbawa tidur dapat menyebabkan Anda merasakan pusing saat bangun. Hal itu terjadi karena rasa cemas dapat membuat napas keluar-masuk secara cepat sehingga hal ini mengganggu keseimbangan antara oksigen dan karbondioksida. Efeknya, pembuluh arteri menjadi sempit dan ketika bangun tidur kepala Anda akan terasa pusing.

5. Menggunakan ikat rambut terlalu kuat

Tanpa disadari, mengikat rambut terlalu kuat ternyata dapat menyebabkan pusing saat bangun tidur. Anda perlu melepas ikat rambut saat Anda tidur, karena menggunakan ikat rambut ketika tidur juga menjadi salah satu penyebab dari sakit kepala ketika bangun tidur. Tak hanya itu, penggunaan gel rambut sebelum tidur juga dapat menyebabkan Anda merasakan pusing.

Demikianlah beberapa penyebab yang ditimbulkan kenapa Anda sering merasakan pusing saat bangun tidur. Lihat juga beberapa informasi lainnya mengenai kesehatan dan kecantikan yang wajib Anda ketahui, di sini: 4 Bahan Alami untuk Bersihkan Make-Up yang Membandel.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE