Indonesiana Tradisi

Penyair Hari Puisi 2016 Akan Ramaikan Sastra Bulan Purnama Tembi

Penyair Hari Puisi 2016 Akan Ramaikan Sastra Bulan Purnama Tembi

Sastra Bulan Purnama edisi ke-64 akan diadakan pekan depan, Jumat (13/1), di Tembi Rumah Budaya, Parangtritis Km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kali ini, Sastra Bulan Purnama akan menghadirkan empat penyair peraih penghargaan Hari Puisi Nasional 2016 dengan mengusung tajuk "Sambil Berkidung Tan Melihat Lukisan Anonim di Rerumputan".

Empat penyair tersebut, yakni Ahmadun Yosi Herfanda, Rini Intama, Umi Kulsum, dan Tjahyono Widarmanto. Para penyair ini akan membacakan puisi karyanya.

"Kata 'kidung' diambil dari antologi puisi Rini Intama berjudul ‘Kidung Cisadane’ dan kata 'tan' diambil dari antologi puisi ‘Percakapan Tan’ karya Tjahjono Widarmanto. Kata 'lukisan anomim' merupakan judul antologi puisi Umi Kulsum, dan kata 'rerumputan' diambil dari antologi puisi ‘Ketika Rumputan Bertemu Tuhan’ karya Ahmadun Yosi Herhanda," kata Ons Untoro, koordinator Sastra Bulan Purnama, seperti keterangan yang diterima merahputih.com, Kamis (5/1).

Selain dibacakan sendiri, akan tampil pembaca lain, yang akan membacakan karya para penyair yang antologi puisinya di-launching. Rini Intama, dari Tangerang akan membawa pembaca puisi karyanya. Kelompok musik Sabai akan menampilkan musikalisasi puisi.

Selain empat penyair yang bukunya di-launching, akan tampil beberapa pembaca puisi, yang akan membacakan puisi karya para penyair tersebut di antaranya, Aprinus Salam, Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM, dan Sri Suryawidati, mantan Bupati Bantul akan membaca puisi karya Ahmadun Yosi Herfanda.

Ong Hari Wahyu, seorang perupa dan atistik disainer dan Dita Yulia Paramitha akan membaca puisi karya Umi Kulsum, sedang Nunung Rita dan Achmad Sultoni akan membacakan puisi karya Tjahjono Widarmanto.

“Sementara Rini Intama, penyair yang kini tinggal di Tangerang, selain akan membacakan puisi karyanya, juga akan mengajak para pembaca puisi dari Tangerang,” ujar Ons Untoro. (Fre)

Berita tentang kegiatan apresiasi sastra ini baca juga di Sastra Bulan Purnama Ke-61 Akan Lagukan Puisi Penyair Yogyakarta

Tags Artikel ini
Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami