Pengembangan 'Samudera Emas' Pantai Samas Jadi Prioritas

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 07 Maret 2017
Pengembangan 'Samudera Emas' Pantai Samas Jadi Prioritas
Pesona Pengklik Pantai Samas, Bantul. (MP/Fredy Wansyah)

Pengembangan kawasan obyek wisata 'Samudera Emas' Pantai Samas akan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Supriyanto, pantai yang terdapat laguna tersebut dinilai mempunyai potensi untuk berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan.

Ia juga mengakui, sejak dulu kawasan pantai ini memang tidak dianggarkan secara khusus pengembangannya. Menurut Supriyanto, mulai dipikirkannya kembali kawasan obyek wisata Pantai Samas ini, karena masyarakatnya sudah menyadari dan antusias untuk membangun kawasan yang dulunya sempat berjaya sebelum akhirnya terpuruk itu.

"Masyarakat antusias untuk membangun Samas, karena dulu merupakan samudera emas bahkan sebelum Pantai Parangtritis ramai. Kalau sekarang kan tidak, kami semua menyadari bahwa Samas ternyata dianaktirikan," ujar Supriyanto seperti dilansir Antara, Selasa (7/3).

Namun demikian, Supriyanto belum menyebutkan detail program pembangunan apa serta berapa anggaran yang diusulkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.

"Tahun ini, pada anggaran perubahan, saya usulkan misalnya untuk membangun apa, tetapi 'grand design' itu memang harus dibuat dulu, intinya Samas akan diurus dan masyarakat sadar kalau digusur bersedia," katanya.

Ia mengatakan jika Pantai Samas yang di sisi timur terdapat Pesona Pengklik yang menawarkan wisata apung dan didukung adanya laguna itu berhasil dikembangkan nantinya akan menjadi destinasi andalan Bantul wilayah selatan.

"Laguna itu menunjang dan kalau digarap akan jadi bagus, bahkan terbagus di Jawa. Jadi, kalau bisa Pemda sendiri, tapi, kalau tidak, dicarikan pihak ke tiga. Nanti, akan dipasangi jaring agar sampah tidak masuk laguna," tandasnya.

#Wisata Pantai Parangtritis #Wisata Yogyakarta #Kuliner Khas Bantul
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan