Penderita Asma, Hindari 5 Bahan Makanan Berikut (Foto: Pinterest active)

Tahukah Anda bahwa asma dapat dipicu oleh reaksi dari alergi? Reaksi ini menyebabkan saluran pernapasan mengalami peradangan dan penyempitan, yang pada akhirnya menimbulkan gejala asma, yang disebut dengan asma alergik. Salah satu penyebab serangan asma alergik adalah makanan, di antaranya sebagai berikut:

1. Telur

Makanan yang memiliki banyak manfaat ini ternyata tidak baik dikonsumsi bagi penderita asma alergik. Beberapa ahli medis mengatakan bahwa telur dapat menyebabkan alergi dengan kondisi yang buruk untuk penderita asma alergik. Reaksi cepat mengonsumsi telur bisa menyebabkan gatal-gatal, kulit keriput, sakit kepala, mual, muntah, dan sesak nafas.

2. Susu

Susu dan segala produknya memiliki dua kandungan yang kontras bagi penderita asma alergik. Di satu sisi, susu merupakan sumber terbaik dari vitamin D, yang dapat meringankan gejala asma. Namun, susu dan segala produknya ini mengandung lemak dalam jumlah besar, yang dapat membuat selaput lendir bekerja berlebihan dan menghambat kerja paru-paru. Akibatnya, penderita akan mengalami sesak napas, batuk, dan nyeri di bagian dada. Jika kondisi ini tidak segera mendapatkan perawatan medis maka bisa menyebabkan kematian karena kehabisan oksigen.

3. Kacang-kacangan

Kacang juga dapat menyebabkan reaksi alergi fatal bagi beberapa orang yang menderita asma. Kacang mengandung senyawa alami yang dapat memicu terbentuknya racun ketika masuk ke dalam tubuh. Bagi penderita asma, makanan ini bisa menyebabkan sesak nafas, rasa panas di perut, hingga muntah-muntah. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak penderita asma lebih cenderung cepat mendapatkan reaksi alerginya ketimbang orang dewasa. Karena itu, Anda harus lebih waspada terhadap makanan ini, khususnya jika anak Anda memiliki asma.

4. Garam

Ternyata, garam dapat menyebabkan penyempitan saluran udara bagi penderita asma yang mengonsumsinya. Bahan yang biasanya dijadikan sebagai bumbu penyedap ini bisa menyebabkan lendir dan cairan yang dihasilkan oleh saluran pernafasan menjadi lebih banyak. Garam juga bisa menyebabkan peradangan yang sangat cepat sehingga penderita asma akan sulit untuk bernafas seketika.

5. Kerang

Dan yang terakhir, ada salah satu makanan laut yang menjadi favorit banyak orang, tetapi tidak jadi favorit bagi si penderita asma karena dapat menyebabkan reaksi alergi yang lebih cepat. Kandungan asam amino tertentu pada kerang menyebabkan tubuh menghasilkan histamin berlebihan. Kerang juga menjadi salah satu penyebab alergi yang paling banyak terjadi pada anak-anak. Makanan laut lainnya seperti kepiting, udang karang, dan lobster juga perlu untuk Anda hindari.

Itulah beberapa makanan yang tidak baik, bahkan tidak boleh dikonsumsi bagi penderita asma alergik. Semoga bermanfaat! Bicara soal makanan, ternyata ada pula makanan pereda diare, yuk baca artikel ini: Mengalami Gangguan Pencernaan atau Diare, Ini yang Harusnya Anda Konsumsi


Tags Artikel Ini

Zahrina Idzni

YOU MAY ALSO LIKE