Pemprov DKI Jakarta Ubah Konsep Kios Rusun Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok Jakarta Pusat, ( Antara Foto )

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan mengubah konsep penataan kios-kios di rumah susun (rusun) di Jakarta.

"Konsep kios yang ada di rusun-rusun sekarang rencananya mau kami ubah, karena tidak cocok diterapkan di rusun," kata Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama seperti dilansir Antaranews di Jakarta, Selasa (18/4).

Sebelumnya, menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu menjelaskan bahwa konsep kios di rusun mirip seperti mall atau pusat perbelanjaan yang di atasnya terdapat apartemen.

"Namun ternyata, konsep yang seperti mall dan apartemen itu tidak cocok untuk diterapkan di rusun. Konsep itu kurang tepat kalau diterapkan untuk rusun dan kios," kata Ahok.

Dia menjelaskan bahwa daya beli masyarakat yang tinggal di rusun tidak sama dengan masyarakat yang tinggal di apartemen sehingga harus dilakukan perubahan konsep, terutama pada bagian kios.

"Oleh karena itu, ke depannya, kami ingin kios-kios tidak lagi dibangun tepat di bawah rusun, tetapi harus di lokasi lain yang terpisah dengan rusun, misalnya di pinggir jalan," kata Ahok.

Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan apabila kios-kios di rusun itu dipindahkan, maka pengunjungnya juga akan semakin banyak dan pendapatan pedagang bisa maksimal.

"Seperti di Rusun Rawa Bebek misalnya, di depannya, 'kan ada jalan raya, jalan inspeksi Kanal Banjir Timur, banyak masyarakat yang lalu lalang di situ. Kalau kios dipindah di dekat situ, pengunjungnya pasti banyak. Ini akan kami evaluasi lagi," tandasnya.



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE