Pemkab Raja Ampat: Kerusakan Terumbu Karang Akibat Kelalaian Nakhoda Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat. (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat menilai bahwa kerusakan besar terumbu karang di kawasan konservasi dan ekowisata Raja Ampat merupakan kelalaian nakhoda kapal pesiar MV Caledonian Sky.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamatenggo mengatakan, kandasnya MV Caledonian Sky membawa dampak kerugian yang sangat besar bagi Kabupaten Raja Ampat karena merusak terumbu karang seluas 1,3 hektare.

Kapal pesiar canggih tersebut masuk ke pulau Gan Kabupaten Raja Ampat membawa ratusan wisatawan asing tidak diketahui oleh pemerintah daerah setempat.

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat baru mengetahui kapal tersebut membawa ratusan wisatawan mengunjungi Pulau Gam setelah kapal tersebut dilaporkan kandas dan merusak terumbu karang.

"Namun sesuai dengan undang-undang pelayaran administrasi surat izin kapal pesiar itu lengkap. Kapal itu pun sebelum masuk dan meninggalkan Kabupaten Raja Ampat dilakukan pemeriksaan oleh instansi terkait yakni Imigrasi Bea Cukai dan Karantina," kata Yusdi Lamatenggo di Sorong, Rabu (15/3).

Menurutnya, hasil investigasi lapangan Pemkab Raja Ampat kapal tersebut masuk ke pulau Gam melalui jalur yang benar, namun setelah melakukan aktivitas dan kembali melanjutkan pelayaran kapal itu tidak mengikuti jalur saat masuk ke pulau tetap mengikuti jalur lain sehingga kandas.

Karena itu, katanya, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat menilai kelalaian nahkoda karena kapal tersebut adalah kapal yang canggih memiliki alat deteksi yang sangat canggih tidak mungkin tidak dapat mendeteksi karang yang timbul ke permukaan.

"Terumbu karang yang rusak akibat kandasnya kapal pesiar di pulau Gam tersebut merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat indah dan diminati banyak wisatawan. Terumbu karang yang rusak tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan berpuluh tahun untuk tumbuh kembali," ungkapnya.

Sumber: ANTARA

Berita terkait kerusakan terumbu karang Raja Ampat oleh kapal pesiar MV Caledonian Sky baca juga: Pemerintah Bakal Perketat Kapal Masuk Raja Ampat


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH