Pemilik Rumah Maroko Terinspirasi Gaya Arsitektur Bangunan di Maroko

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Kamis, 26 Januari 2017
Pemilik Rumah Maroko Terinspirasi Gaya Arsitektur Bangunan di Maroko
Rumah Maroko di Jalan Menteng, Jakarta Pusat. (MP/John Abimanyu)

Rumah Maroko merupakan salah satu rumah pesta nuansa Maroko. Bentuk dan desain ruangannya yang didominasi gaya klasik dan timur tengah, membuat Rumah Maroko layak disebut rumah unik. Apalagi letaknya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat yang didominasi bangunan dengan arsitektur gaya Belanda, Rumah Maroko jadi pembeda.

Ketika itu, pemilik Rumah Maroko Datuk Hakim Tantawi sedang berkunjung ke negara Maroko. Ia terpesona dengan keindahan dan desain interior di negara tersebut. Hal ini pula yang mendorongnya membuat rumah pribadinya seperti desain dan gaya rumah di Maroko.

Assisten Director Rumah Maroko Lisa Hermaniati mengatakan awalnya rumah ini berfungsi sebagai kediaman pribadi dari alm Datuk Hakim Tantawi untuk menjamu para tamunya. Karena dia tertarik ingin menciptakan sebuah rumah dengan nuansa Maroko, mulailah proses pembangunan rumah tersebut.

"Jadi beliau terinspirasi bangunan dan gaya rumah di Maroko. Apalagi Maroko gaya arsitekturnya merupakan perpaduan gaya Timur Tengah dan Andalusia serta Eropa, " terang Lisa Hermaniati.

Setibanya balik ke Indonesia Datuk Hakim Tantawi (kini sudah almarhum) berinisiatif membangun rumah pribadi dengan gaya Maroko. Ia mendatangkan langsung arsitek asal Maroko untuk dibuatkan rumah pribadi dengan konsep rumah bergaya Maroko. Rumah Maroko resmi dibangun tahun 2005 setelah melewati proses yang panjang.

"Karena beliau menyukai betuk dekorasi bangunan di Maroko, akhirnya mulai rumah tersebut," kata Lisa saat ditemui merahputih.com di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/1).

Rumah Maroko di Jalan Menteng, Jakarta Pusat. (MP/John Abimanyu)

Setelah Datuk Hakim Tantawi meninggal, Rumah Maroko mulai beralih fungsi menjadi multifunction house.

"Ini merupakan rumah keempat beliau yang fungsinya untuk menyambut tamu-tamu pribadi yang berkunjung kerumahnya. Semenjak beliau tiada rumah ini beralih fungsi sebagai multifunction house dan biasanya digunakan untuk jamuan makan malam, peluncuran produk, meeting dan resepsi pernikahan," tuturnya.

Rumah Maroko begitu berbeda dan unik dengan kelebihan yang memiliki interior Maroko yang khas dan indah seperti Anda berada di salah satu istana di Maroko.

"Selain ornamen yang indah antara area satu dan juga area lainnya area outdoor juga menunjukkan dimensi lain yang dapat dikenali dari arsitektur bangunannya," imbuhnya.

#Rumah Maroko #Rumah Unik #Desain Interior
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan