Pemilihan Presiden Amerika : Trump Sementara Unggul

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 09 November 2016
Pemilihan Presiden Amerika : Trump Sementara Unggul
Donald Trump dan Hillary Clinton berlomba menuju Gedung Putih. (Foto Dok./VoaNews.com)

Di surat kabar The New York Times yang menunjukkan laporan real time hasil pemilu Amerika Serikat di 50 negara bagian, kandidat Presiden dari partai Republik Donald J Trump unggul sementara.

Dari total 46 juta warga Amerika yang telah memilih, Trump baru memperoleh 24 suara dari 270 suara yang diperlukan. Hillary masih harus mengumpulkan 267 dukungan lainya karena baru memperoleh 3 suara di electoral college tersebut.

Penghitungan suara di mulai dari negara bagian New Hampshire beberapa saat setelah tengah malam waktu setempat atau Hari Selasa pukul 18:00 WIB.

Bersama keluarganya masing-masing, Clinton dan Trump memberikan suara mereka di TPS di New York.

Banyak TPS di sejumlah negara bagian menghadapi antrian panjang pemilih. Di beberapa lokasi TPS dilaporkan terjadi masalah terkait fasilitas komputer, mengakibatkan penundaan.

Penghitungan suara di Nevada menunjukkan persaingan ketat terjadi antara Trump dan rivalnya dari partai Demokrat tersebut.

Untuk suara electoral college, jumlah dukungan suara bagi Trump terus masuk. Clinton masih stuck di angka 3.

Sementara Trump memenangi suara di Indiana dan Kentucky sedang Clinton merebut pemilih di Clinton dan Vermont.

Hillary Clinton mengimbau rakyat Amerika mendukung "Amerika yang penuh harapan, inklusif dan Besar Hati" sementara Trump meminta pendukungnya untuk menyokong "ini kesempatan terbaik untuk mengalahkan sistem yang korup".

Hasil pemilu diperkirakan bisa dilihat hasilnya hari Rabu setelah pukul 23:00 EST waktu lokal Amerika atau hari Rabu (09 Nov) setelah pukul 23:00 WIB.

Clinton sendiri menurut pengamat berhasil mengambil hati kaum Hispanik yang diperkirakan lebih banyak sepakat dengan kebijakannya. (BES/dsyamil)

#Donat Gratis #Pemilu Amerika
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan