Pemerintah Tetapkan Tanah Laut Lumbung Jagung Nasional Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Pemerintah pusat menetapkan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan sebagai lumbung jagung nasional atas keberhasilan dalam meningkatkan produksi bahan pangan tersebut. Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah.

"Produksi jagung Tanah Laut menempati urutan pertama di Kalsel, karena 60 persen hasil jangung berasal dari wilayah ini," ujar Bambang Alamsyah di Pelaihari, Sabtu (19/3).

Menurutnya, luas tanaman dan produski jagung dari tahun ke tahun semakin meningkat, begitu juga produksi per hekterenya dari 6 ton per hektare menjadi 8 ton per hektare.

Dalam upaya peningkatan dan luas tanam jagung di daerah tersebut, pemerintah kabupaten telah memberikan bimbingan, bantuan bibit, bantuan pupuk, bantuan alat dan mesin pertanian.

Untuk itu, ia berharap, petani jagung terus meningkatkan produksi dan luas lahan agar pendapatan petani jagung dapat meningkat.

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunana Tanah Laut Ahmad Mustahdi mengungkapkan, produksi jagung terbesar di Kalsel berasal dari Tanah Laut. Produksi jagung Kalselpada tahun 2016 berjumlah 198 ribu ton. Dari jumlah itu, produksi jagung Tanah Laut menyumbang 115 ribu ton.

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH