Pemain Persib Michael Essien dan Carlton Cole Terancam Dideportasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 17 April 2017
Pemain Persib Michael Essien dan Carlton Cole Terancam Dideportasi
Pesepakbola Persib, Michael Essien menggendong seorang anak sebelum mengikuti latihan rutin di Lapangan Lodaya, Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/3). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pihak Imigrasi Kelas I Bandung menyatakan tidak menutup kemungkinan mendeportasi bintang Persib Michael Essien dan Carlton Cole jika PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) tidak mengurusi penerbitan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).

"Sanksi paling tegas barangkali bisa dideportasi kan gitu," ujar Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Klas I Bandung Agustianur di Kantor Imigrasi Bandung, Senin (17/4).

Agustianur mengatakan, pihaknya sudah memanggil perwakilan pihak PT PBB dan meminta penjelasan serta menunjukan seluruh dokumen kedua pemain marquee player tersebut.

Namun, ia mendapati beberapa dokumen yang diperlihatkan pihak Persib, belum memenuhi persyaratan untuk diajukan memperoleh KITAS.

"Dari pihak Persib sudah datang ke sini, saya sudah lihat surat dokumennya bahwa belum memenuhi persyaratan untuk diajukan menjadi memperoleh Surat Izin Tinggal Sementara," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan segera memanggil kedua mantan pemain yang pernah merumput di Liga Inggris tersebut untuk dilakukan pendalaman.

"Jadi kami akan memanggil kedua pemain itu secara resmi untuk kita dalami. Kita dalami pemeriksaannya sampai sejauh mana adanya pelangggaran administrasi ini terjadi," tuturnya.

Sejauh ini, katanya, Essien dan Cole mengantongi izin tinggal kunjungan saja sembari menunggu proses KITAS terbit. Namun, ia tidak mengetahui apakah terdapat kebijakan lain sehingga dua pemain tersebut dapat merumput di Indonesia.

"Tapi penjelasan klarifikasi lagi lah ke pihak persib penjelasannya itu. Dari mana tadi apakah PSSI, PT Liga, BOPI, atau Kemenpora barangkali. Nah itu saya juga gak tau regulasinya apa. Mungkin bisa meminta informasi dari beliau-beliau itu," ucapnya.

Ia menyebut, persyaratan yang belum dipenuhi pihak Persib salah satunya yakni surat rekomendasi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Meski begitu, katanya, managemen Persib sudah bertindak kooperatif dan akan segera mengurusi kelengkapan dokumen yang diminta.

"Dia (pihak Persib) malah sekarang telah mengupayakan perizinannya itu untuk dipenuhi. Sudah datang dia saya panggil, sudah menjelaskan ke saya. Tapi menurut saya, persyaratan (yang diperlihatkan) itu belum layak untuk menjadi persyaratan izin tinggal sementara," tegasnya.

Pengurusan KITAS sendiri, tergolong mudah dan cepat, asal seluruh dokumen yang diperlukan mesti dilengkapi.

"Cepet bisa dia datang setelah foto dia besok selesai kan gitu. Bisa aja. Cepat itu. Yang penting rekomendasi dari instansi yang lain ada, kita segera proses. Sekarang nunggu persyaratan itu, mereka ajukan ke kita, kita akan tindaklanjuti KITAS-nya," tambahnya.

"Kita panggil besok perdalam dulu setelah itu kita laporkan ke tingkat pimpinan kita. Mungkin gitu, apa tindakannnya. Kita juga gak bisa mutusin tindakan apa yang akan kita ambil. Kan kita harus melaporkan kan ini," kata Agustinur.

Sumber: ANTARA

#Persib #Michael Essien #Charlton Cole
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan