Pelecehan Seksual Terhadap Anak Akibat Komunikasi dengan Orang Tua Buruk Kak Seto (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Belum lama ini kasus pelecehan seksual terhadap anak kembali terjadi. Pihak kepolisian berhasil membongkar jaringan pedofilia internasional melalui grup Facebook bernama "Official Loli Candy's Group" yang berisikan 7.000 akun Facebook.

Menanggapi hal tersebut, psikolog anak Seto Mulyadi mengaku prihatin dengan apa yang terjadi. Pria yang akrab disapa Kak Seto ini mengatakan komunikasi yang kurang bagus antara orang tua dan anak menjadi salah satu penyebab kasus-kasus pedofilia.

"Jadi curhatnya anak itu harus didengar oleh orang tua, kalau tidak dia curhat kepada orang lain. Ketika mereka cocok akhirnya dia suka, senang dan sayang, akhirnya dia mau melakukan apa saja untuk temannya itu. Itu yang sering menjadi korban atau bahkan juga pelaku kekerasan seksual," ucapnya di Mal Pejaten Village, Jakarta Selatan, Minggu (20/3).

Pria kelahiran Klaten, 28 Agustus 1951 ini pun memberi contoh pada kasus Andri Sobari alias Emon, pria asal Sukabumi yang telah melakukan pelecehan seksual terhadap sekitar 100 anak. Saat ini setengah dari anak-anak yang mendapatkan tindakan pelecehan seksual dari Emon malah membela pelaku tersebut.

"Contohnya para korban dari Emon di Sukabumi yang mendapat pelecehan seksual sampai 100 anak lebih, separuh dari jumlah itu membela Emon. Kenapa membela Emon? karena mereka dapat kasih sayang dari Emon yang tidak diperoleh di keluarga," ujar Kak Seto.

Sekadar informasi, pihak kepolisian berhasil membongkar jaringan pedofilia di grup Facebook yang berisi 7.000 akun termasuk anak-anak. Di grup tersebut setiap anggotanya wajib mengunggah foto, video atau link situs pornografi anak.



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE